Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

artikel

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gurat Jelekong Sukses Jadikan Perancis dan Swedia Pelanggan Utama

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/artikel/gambar_art438.jpg
    Jelekong merupakan sebuah desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Mayoritas masyarakat di Jelekong memiliki matapencaharian sebagai pengrajin lukisan dan wayang golek. Keterampilan membuat lukisan dan wayang golek yang diturunkan secara turun-temurun ini berdampak ekonomi bagi masyarakat Jelekong. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pesanan kerajinan lukisan dan wayang golek dari mancanegara seperti Perancis dan Swedia merupakan pelanggan utama yang sering memesan kerajinan lukisan dan wayang golek. Selain itu, di kawasan Asia, negara Jepang dan Malaysia juga kerap membeli kerajinan dari masyarakat Jelekong. 
     
    Banyaknya pesanan dari mancanegara ini tidak bisa dilepaskan dari kiprah Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) yang fokus di bidang pengembangan dan pengelolaan potensi desa wisata. Kompepar berdiri pada sejak tahun 2010 melalui SK Kompepar Kab. Bandung Nomor 03/SK-Kompepar.Kab./ K.3 / XII/2010). Sebagai upaya untuk menjaga eksistensi, para seniman di Desa Jelekong selalu memberikan terobosan baru. Salah satu terobosannya adalah membuat teknis lukis dengan gaya tiga dimensi. Tiga dimensi yang dimaksud adalah gaya melukis gurat (garis) yang membuat lukisan terlihat lebih nyata, sehingga menjadi salah satu terobosan untuk menaikan minat beli masyarakat terhadap hasil karya lukisan tersebut.
     
    Dengan pesatnya teknologi komunikasi dan informasi membuat anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu dengan gawai, hal tersebut ditakutkan akan menjadikan anak-anak melupakan tradisinya. Sebagai upaya untuk memperkenalkan seni dan budaya di Jelekong, Kompepar memberikan paket edukasi kepada anak-anak, seperti belajar melukis di kanvas dan melukis souvenir wayang golek. 
     
    Selain itu, dibuat juga kursus pembuatan wayang bagi masyarakat umum yang tertarik untuk mendalami proses pembuatan wayang. Melalui proses edukasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kecintaan masyarakat terhadap seni dan budaya sunda yang ada di Jelekong agar tidak tergerus oleh zaman. (Yogi)
           
           

    Artikel Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus