Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mengajarkan Sejarah, Mewariskan Semangat Perjuangan Para Pahlawan Bangsa

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9490.jpg

    BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memaknai hari kemerdekaan Indonesia sebagai momentum untuk mengingat kembali sejarah dan perjuangan para pahlawan.

    Menurutnya, kita sebagai generasi yang tidak merasakan pahit dan beratnya beban para pejuang harus dapat melanjutkan semangat pengorbanan dan rasa nasionalisme pada bangsa indonesia. Salah satu cara yang paling penting adalah dengan memperdalam dan mengajarkan sejarah perjuangan meraih kemerdekaan sehingga semangatnya akan terus diwariskan pada generasi muda.

    “Tentu sebagai generasi yang lahir belakangan, yang tidak merasakan angkat senjata, yang tidak merasakan berdarah-darah, tentu nasionalismenya harus ditingkatkan. Dengan cara apa? Dengan cara sejarah itu diajarkan kepada mereka. Sulit kita merasakan bagaimana getirnya mereka, bagaimana perjuangan mereka,nyawa mereka korbankan, bukan hanya harta, bukan sekedar tenaga. Nah, tentu hari ini konteksnya kan berlainan, tidak sampai ada pengorbanan nyawa sebagaimana para pahlawan. Oleh karena itu, supaya semangat kita sehebat semangat pahlawan, maka tentu saja sejarah harus menjadi bagian penting untuk diajarkan kepada bangsa kita,” paparnya. 

    Aher menambahkan, semangat para pejuang yang diwariskan harus tetap dijaga oleh generasi selanjutnya dan sampai generasi yang tak terhingga.Walaupun hanya melalui seremoni Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan, makna momentum pada upacara tersebut sangatlah dalam. 

    Dengan begitu Aher berharap masyarakat dapat merenungi momentum hari kemerdekaan untuk meningkatkan rasa nasionalisme kepada Bangsa Indonesia.

    Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka Peringatan Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi digelar di Lapangan Gasibu Bandung. Turut hadir Ketua DPRD Jawa Barat, Irvan Suryanagara, Panglima Kodam III Siliwangi, Dedi Kusnadi Thamim, Kapolda Jabar, Moch. Iriawan, Ketua Pengadilan Tinggi, Marni Emmy Mustafa, Kepala Kejaksaan Tinggi Yuswa K.A. Basri, Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan Wakil Walikota Bandung Oded Muhammad Danial serta seluruh jajaran Pejabat Pemerintahan Jawa Barat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus