Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Entang: Sensus Pertanian Harus Memiliki ‘Ruh’

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_5643.JPG

    BANDUNG – Hadir dalam acara sosialisasi Sensus Pertanian 2013 Jawa Barat, Ketua Harian DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Jawa Barat Entang Sastraatmaja mengungkapkan harapannya agar sensus yang digelar 10 tahunan itu, kali ini bisa memiliki ‘ruh’. Hal itu diungkapkan Entang saat menyampaikan paparan di depan Ketua BPS Jabar, dan Gubernur Jabar, Rabu (17/4).

    “Yang saya maksud dengan ruh itu, agar sensus ini tidak hanya dianggap berhasil ketika sudah mendapatkan data tentang pertanian saja, tetapi berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani pada akhirnya” ujar Entang.

    Menurut Entang, data itu tidak statis, melainkan terus berkembang. Oleh karena itu, Sensus tidak berhenti saat mendapatkan data akhir, tetapi harus terus ada updating datanya.

    “Data itu tidak statis, tetapi terus berubah bahkan setelah dilaksanakan sensus sekalipun. Jadi Saya harap ada updating data yang dilakukan BPS dan Pemprov Jabar” katanya.

    Menurut Entang, tiga isu utama dalam pertanian adalah alih fungsi lahan, alih kepemilkian dan kesejahteraan petaninya sendiri. Hal itu senada dengan apa yang disampaikan Gubernur Jabar pada kesempatan yang sama.

    “Bahkan ada yang tidak kalah penting untuk dibenahi dari alih fungsi lahan dan pindah kepemilikan lahan pertanian, yaitu alih kemauan. Gimana kalau parta petani kita yang memiliki lahan, tapi sudah tidak lagi memiliki kemauan untuk bertani? Saya kira ini jauh lebih berbahaya lagi” ujar Gubernur.

    Sensus pertanian akan dilakuan mulai tanggal 1 hingga 31 Mei 2013, dengan tujuan mendapatkan data lengkap tentang pertanian dan petani di Jawa Barat, dan tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan petani.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus