Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sensus Pertanian

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/aLahan-Pertanian-di-Kota-Cimahi.jpg

     

    CIMAHI-Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat akan melakukan kegiatan sensus pertanian mulai tanggal 1 hingga 31 Mei 2013. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan skala usaha dan input usaha pertanian, penguasaan dan penggunaan lahan, luas lahan, irigasi, peternakan budidaya dan penangkapan ikan, budidaya kehutanan dan social ekonomi di kawasan hutan serta pengelola usaha pertanian.
     
    Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Gema Purwana menjelaskan, sensus pertanian merupakan metode statistic untuk pengumpulan, pengolahan serta diseminasi data structural pertanian yang berada di seluruh Indonesia.
     
    “Demi menghasilkan data dengan biaya yang efektif dan sesuai system statistic nasional, pelaksanaan sensus pertanian 2013 menggunakan data hasil sensus penduduk tahun 2010 yang merupakan bagian integrasi statistic nasional,” kata Gema pada acara Sosialisasi Sensus Pertanian 2013 di Aula Gedung A Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Rabu (3/4).
     
    Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun jabarprov.go.id, diketahui bahwa luas lahan pertanian di Kota Cimahi mengalami sedikit penambahan, 22 hektar, yaitu lahan bekas pabrik ditanami dengan berbagai macam tanaman palawija.
     
    Data terakhir di Dinas KUKM, Perindustrian, Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi menunjukkan, luas areal pertanian di Kota Cimahi mencapai 294 hektar. Hasil produksi padi mencapai 3.214 ton gabah kering giling (GKG) per tahun.
     
    Sedangkan jumlah petani di seluruh wilayah Kota Cimahi mencapai 995 orang, tergabung dalam 77 kelompok tani dan 18 gabungan kelompok tani. (enal)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus