Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Program Pemberdayaan Perempuan Perlu Dukungan Semua Pihak

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/Hj.Sri-bppkb_.jpg

     

    BANDUNG-Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Provinsi Jawa Barat, Hj. Sri Asmawati Kusumawardani, SH, M.Hum menyatakan, kalau kita bicara masalah keberhasilan pembangunan, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat sangat tergantung dari peran serta laki-laki dan perempuan sebagai pelaku dan pemanfaatan hasil pembangunan. Pada pelaksanannya sampai saat ini peran serta kaum perempuan belum dioptimalkan.
     
    “Oleh karena itu program pemberdayaan perempuan telah menjadi agenda bangsa dan memerlukan dukungan semua pihak,” kata Hj. Sri Asmawati Kusumawardani pada acara Pembukaan Rapat Koordinas Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG) Provinsi Jawa Barat yang digelar di Hotel Lingga, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (21/9).
     
    Hj. Sri mengungkapkan, perempuan di Indonesia merupakan sumber daya yang potensial apabila ditingkatkan kualitasnya dan diberikan peluang yang sama untuk berperan. Meskipun kemajuan peran perempuan telah dapat diwujudkan, namun prosentase jumlah penduduk perempuan yang saat ini berhasil menduduki posisi strategis, yaitu pada posisi pengambil keputusan, masih sangat kecil.
     
    Berkaitan dengan permasalahan tersebut, secara umum pemahaman tentang gender masih diartikan sebagai perbedaan jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan. Pemahaman bahwa gender adalah suatu kerangka budaya tentang peran social dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan masih sangat kecil dan terbatas pada kalangan tertentu saja. Akibatnya terjadi kesenjangan social dan tanggung jawab yang mengakibatkan diskriminasi terhadap perempuan. Keadaan ini menyebabkan perempuan jumlahnya hampir sama dengan jumlah laki-laki, tidak mampu member sumbangan yang positif terhadap pembangunan bangsa.
     
    “Untuk mengatasi hal ini, pemerintah melalui program nasional pemberdayaan perempuan telah melakukan berbagai upaya, diantaranya melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya perempuan, melaksanakan pembaharuan undang-undang, hukum dan peraturan yang adil dan rensponsif gender,” katanya. (enal)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus