Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kapolri Puji Inovasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Bank bjb

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30727.jpg

    BANDUNG–Bank bjb bersama 23 Bank Pembangunan Daerah (BPD), 4 Bank BUMN, dan 3 Bank Swasta telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) antara Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, PT. Jasa Raharja (Persero) dan 23 Provinsi di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan mengenai “Layanan Samsat Online (e-Samsat) Nasional”.

    “Nota kesepahaman e-Samsat Nasional yang telah kami tanda tangani hari ini meliputi pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Tahunan,” jelas Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan, usai bersama puluhan direktur bank lainnya dan perwakilan pemerintah provinsi menandatangani naskah MoU e-Samsat Online Nasional, di Kuta, Bali, melalui siaran pers Humas Bank bjb, Kamis (15/11).

    Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian turut hadir menyaksikan penandatanganan naskah MoU tersebut. Dalam sambutannya, Kapolri secara khusus memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi Jawa Barat, mempelopori inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor bersama dengan bank bjb melalui produk perbankan.

    “Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah jawa barat dan bank bjb telah membantu polri dalam upaya meningkatkan penerimaan pendapatan pajak kendaran bermotor melalui pengembangan inovasi e-samsat  dan layanan samsat lainnya termasuk salah satunya adalah samsat gendong,” ujar Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dalam sambutannya di acara yang sama.

    Atas apresiasi dari Kapolri tersebut, Ahmad Irfan menyatakan terimakasih untuk dukungan polri atas inovasi produk Samsat yang terus dikembangkan oleh tim pembina samsat jabar bersama bank bjb.

    “Bersama Polri, Tim Pembina Samsat Jabar yang terdiri dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, PT Jasa Raharja dan polda jabar sebagai koordinator, kami sebagai bank persepsi pengelolaan pendapatan daerah telah dapat berkerjasama dengan baik mewujudkan inovasi-inovasi layanan samsat salahsatunya samsat gendong,“ jelas Ahmad Irfan. 

    Pada bagian lain, Ahmad Irfan mengatakan, keuntungan dari penerapan samsat online nasional ini adalah, akan memberi kemudahan kepada para wajib pajak yang memiliki kendaraan yang terdaftar di wilayah Jawa Barat, dapat melakukan pembayaran di seluruh jaringan kantor ataupun jaringan elektronik bank yang telah bekerjasama. 

    “Para wajib pajak itu tetap bisa melakukan pembayaran pajak kendaraannya melalui jaringan bank yang sudah ikut kerjasama dalam e-Samsat Nasional. Begitupun sebaliknya, nasabah bank bjb yang memiliki kendaraan yang tercatat di luar Jawa Barat juga bisa melakukan pembayaran pajaknya melalui channel bank bjb (atm, sms banking dan bjb net),” jelasnya.

    Ikut pula menandatangani naskah MoU itu para Pembina Samsat Nasional yang terdiri dari Kakorlantas Polri, Dirjen BKD Kemendagri, dan Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero). 

    Pada kesempatan yang sama, Ahmad Irfan menjelaskan, ikut sertanya bank bjb melayani Pembayaran Samsat Online Nasional ini bukan tanpa alasan. Sebab selama ini bank bjb sendiri merupakan bank pembangunan daerah yang selalu aktif berinovasi meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Inovasi itu ditunjukkan bank dengan kode emiten BJBR ini melalui kemudahan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor sejak tahun 2014  dengan produk e-samsat Jabar dan t-samsat.

    Selama ini, lanjutnya, bank bjb telah  melakukan pengembangan sistem dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk implementasi e-Samsat Nasional ini.

    Selain e-Samsat Online Nasional ini, sebagai bank persepsi dalam hal pengelolaan penerimaan layanan pajak pemerintahan provinsi dan  pemda kabupaten/kota serta pemerintah pusat, bank bjb telah mengembangkan layanan pembayaran pajak melalui bjb etax. Ini merupakan layanan pembayaran pajak secara online melalui jaringan kantor dan e-channel bank bjb serta jaringan pihak ketiga seperti Indomart, Alfamart, Payment Point Online Bank (PPOB), dan fintech.

    Bagi bank bjb sendiri, menurutnya, juga dapat menikmati manfaat berupa adanya peningkatan fee based income dan perluasan layanan bagi nasabah.

    “Untuk itu Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah atas kepercayaannya selama ini untuk bersinergi dengan bank bjb dengan semangat bersama-sama membangun bangsa," pungkasnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus