Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pertumbuhan Ekonomi Jabar Triwulan IV Akan Lebih Baik

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30607.jpg

    BANDUNG-Pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2018 diperkirakan akan meningkat dibandingkan triwulan III 2018 yang didorong khususnya dari sisi domestik. Perkiraan tersebut didukung oleh berbagai hasil survei seperti Survei Konsumen, Survei Kegiatan Dunia Usaha dan liaison kepada berbagai perusahaan. 

    Untuk diketahui laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Jawa Barat pada triwulan III 2018 masih didorong oleh permintaan domestik. Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat tercatat sebesar 5,58% (yoy) atau melambat dibandingkan triwulan II 2018 (5,65%,yoy). 

    Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Doni P. Joewono mengatakan konsumsi rumah tangga, konsumsi LNPRT dan konsumsi pemerintah diperkirakan meningkat seiring meningkatnya permintaan masyarakat menjelang Iiburan akhir tahun. 

    "Selain itu, persiapan menjelang Pemilihan Umum tahun 2019 juga turut mendorong konsumsi baik swasta maupun pemerintah," katanya Rabu di kantor BI Jabar , Rabu (7/11).

    Dari sisi lapangan usaha, kinerja industri pengolahan diperkirakan juga terdorong oleh permintaan domestik yang meningkat. Di sisi lain, masih ada potensi ekspor khususnya ke Amerika Serikat seiring perbaikan ekonomi AS yang terus berlanjut. 

    Kinerja perdagangan juga diperkirakan akan meningkat seiring dengan permintaan masyarakat menjelang akhir tahun yang meningkat. 

    Untuk keseluruhan tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat diperkirakan meningkat dibandingkan tahun 2017. Dorongan diperkirakan terutama berasal dari sisi domestik khususnya konsumsi lembaga non profit dan pemerintah. 

    Penyelenggaraan Pilkada serentak di 16 Kabupaten/Kota mendorong peningkatan konsumsi LNPRT dan konsumsi pemerintah pada tahun 2018. Selain itu, penyelenggaraan Asian Games untuk beberapa cabang olahraga yang diselenggarakan di Jawa Barat turut memberikan andil terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Barat tahun 2018. 

    Dari sisi lapangan usaha, industri pengolahan masih menjadi pendorong utama tumbuhnya ekonomi Jawa Barat. Hal ini untuk memenuhi permintaan domestik yang cukup tinggi di tahun 2018.

    Selain itu, sektor konstruksi pun diperkirakan meningkat baik konstruksi yang berasal dari proyek pemerintah maupun untuk kebutuhan residensial. Tingginya pertumbuhan kredit perumahan di tengah relaksasi ketentuan LTV diperkirakan akan berdampak positif terhadap peningkatan lapangan usaha tersebut. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus