Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Emil : Potensi EBT Jabar Tinggi

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29960.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil mengatakan, bahwa permasalahan energi khususnya di wilayah Jawa Barat secara geografis memiliki potensi sumber biomassa, energi air, panas bumi menjadi peluang untuk pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

    "Potensi EBT dapat menurunkan ketergantungan terhadap energi fosil sebesar 72% dari seluruh konsumsi energi final," kata Gubernur, dalam pidatonya di Rapat Paripurna DPRD Jabar, Rabu (19/09).

    Menurut Gubernur, pada kondisi eksisting, penggunaan konsumsi energi final untuk empat sektor pengguna yaitu industri, komersial, rumah tangga dan publik didominasi oleh tenaga listrik dan khusus sektor transportasi hampir seluruhnya bergantung pada bahan bakar minyak (BBM).

    "Potensi EBT tidak langsung dilakukan dan harus ditransformasi dahulu menjadi tenaga listrik yang saat ini pengelolaannya dilakukan PT PLN, khususnya di Jabar melalui jaringan Distribusi Jawa Madura Bali," ujarnya.

    Gubernur menyatakan, hanya sekitar 15 persen suplai tenaga listrik di Jawa Barat masuk jaringan Jawa Madura Bali yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang bersumber dari EBT dan selebihnya merupakan instalasi penyedia listrik jenis PLTU berbahan bakar gas atau batu bara.

    "Nilai investasi untuk membangun instalasi penyedia tenaga listrik bersumber EBT lebih tinggi dibandingkan dengan investasi membangun instalasi PLTU berbahan bakar gas atau batubara," ucapnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus