Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    UNBK SMA/SMK di Jabar 100 Persen Berbasis Komputer

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita

    BANDUNG-Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat memastikan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Jawa Barat 100 Persen berbasis komputer.

    Kepala Disdik Jabar, Ahmad Hadadi menjelaskan sebanyak 314.275 siswa SMK di Jawa Barat melaksanakan secara serentak yang dimulai 2-5 April 2018. 

    Meskipun sempat ada kabupaten yang madrasahnya masih ujian kertas tapi setelah melalui pendekatan, akhirnya mereka mau resource sharing dengan SMK, SMA, dan MA bahkan mereka bisa difasilitasi di tempat lain.

    "Alhamdulillah untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Jawa Barat sudah siap. Tahun ini, Kami menargetkan 100 persen," kata Ahmad Hadadi kepada wartawan di Bandung, Senin (2/4/2018).

    Sesuai  dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No 0044/P/BSNP/XI/2017 tentang pos Penyelenggaraab UN TP 2017/2018 sekolah yang belum memadai saatana komputernya dapat melaksanakan UNBK dengan menggunakan fasilitas komputer dari sekolah lain atau sering disebut resource sharing. 

    "Siswa SMA/sederakat dari sekolah yang belum memiliki infrastruktur UNBK dapat mengikuti ujian di SMK atau SMP/sederajat pelaksana UNBK, demikian sebaliknya," tuturnya.

    Dia menambahkan secara keseluruhan siswa yang mengikuti UNBK 2018 sebanyak 5.330 dengan rincian SMA 1.530 sekolah, SMK 2.682 sekolah dan MA 1.118 sekolah. Sedangkan, SMK yang melaksanakan ujian secara mandiri sebanyak 2.414 SMK dan 268 SMK melaksanakan UNBK di sekolah lain.

    "Proses ujiannya dibagi menjadi tiga sesi dengan mata pelajaran yang diujikan terdiri dari Bahasa Indonesia, Matematika, bahasa Inggris dan teori kejuruan," pungkasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus