Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Festival Wirausaha Baru 2018 Libatkan 600 Peserta

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28728.jpg

    BANDUNG–Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyelenggarakan Festival Wirausaha Baru, di Gedung Pusdai Bandung, Rabu (4/7/18). Tak tanggung-tanggung, festival ini melibatkan 600 peserta wirausaha baru bentukan Disperindag. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menandai pembukaan acara festival dengan pemukulan gong. 

    Iwa mengungkapkan, gelaran festival wirausaha baru ini menjawab apa yang dikatakan oleh Presiden RI Joko Widodo bahwa Indonesia membutuhkan 5,8 juta pengusaha muda baru apabila ingin memenangkan kompetisi di era pasar tunggal Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Namun sayangnya, kata Iwa, wirausaha baru di Indonesia masih kalah dibandingkan negara-negara tetangga.

    “Subhanallah, mendukung pemerintah pusat dimana apabila kita ingin menjadi pemenang di Masyarakat Ekonomi Asean, maka kita harus mencetak 5,8 juta wirausaha baru, dan Jawa Barat insyaallah kontribusi terbesar untuk mencetak wirausaha baru itu,” kata Iwa, ditemui usai acara.

    “Sangat disayangkan, saat ini rasio wirausahawan kita masih jauh di bawah rata-rata, yaitu berada di kisaran angka 3%, jauh dibandingkan dengan negara tetangga, Singapura, yang mencapai 7%, Malaysia 5% dan Thailand 4%,” ujarnya.

    Iwa juga menuturkan bahwa pemerintah provinsi Jawa Barat terus mengupayakan peningkatan jiwa kewirausahaan putra-putri terbaik daerah melalui serangkaian program terpadu, mulai dari program pembentukkan wirausaha baru (WUB), program kredit cinta rakyat (KCR), optimalisasi koperasi wirausaha baru sejahtera, hingga pencapaian target masyarakat marketing Indonesia dalam ekosistem e-commerce.

    “Kita dorong e-commerce, karena itu yang paling masif pemasarannya,” kata Iwa.

    Kepala Disperindag Jawa Barat M. Arifin Soedjayana melaporkan bahwa ke-600 peserta festival wirausaha baru ini merupakan peserta pelatihan 15 angkatan di tahun 2018. Ia mengatakan, maksud kegiatan ini selain menjadi ajang gelar produk industri kreatif para peserta, juga sebagai evaluasi hasil pelatihan peserta. Selain itu, kegiatan ini juga membuka peluang jejaring dengan para konsultan industri kreatif yang dihadirkan pada acara.

    “Maksud kegiatan ini adalah sebagai evaluasi dari para peserta pelatihan wirausaha baru yang sudah kami lakukan 15 angkatan. Yang kedua sebagai ajang informasi kreativitas dari para peserta melalui gelar produk atau pameran, serta sebagai sarana jejaring dengan para narakonsultan yang dihadirkan pada acara ini,” jelas Arifin.

    Kegiatan festival wirausaha baru ini digelar hingga Kamis (05/07/18), dan terbuka untuk umum. Terdapat 20 stand peserta wirausaha baru yang menawarkan berbagai produk kuliner, fashion dan kerajinan, serta 15 stand pendukung yang terdiri dari Bank BJB, Bank BRI, Jamkrida, MUI Jawa Barat, Kantor POS, Blibli.com, PT Shopee Internasional Indonesia, Indomockup, PT Pegadaian, POGG Digital Bandung, serta balai-balai dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus