Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penjabat Gubernur Jabar Miliki Dua Tugas Pokok

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28554.jpg

    BANDUNG-Penjabat Gubernur Jawa Barat memiliki dua tugas pokok, yakni mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang definitif. 

    Demikian diungkapkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat melantik Komjen Mohammad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat di gedung Merdeka Bandung, Senin (18/6/2018).

    Tjahjo mengungkapkan, dalam rangka mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Provinsi Jawa Barat, Penjabat Gubernur harus segera membangun komunikasi yang intensif dengan DPRD Provinsi serta seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, agar pelaksanaan program-program Pemerintah Daerah dapat mewujudkan pengembangan kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

    "Saya mengharapkan Penjabat Gubernur Jawa Barat untuk segera membangun komunikasi dan koordinasi yang sinergis dengan DPRD Provinsi Jawa Barat, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, KPU Provinsi dan Bawaslu Provinsi, serta para Bupati dan Walikota," ungkap Tjahjo

    Dia menegaskan Penjabat Gubernur bukanlah pejabat politik, sehingga harus memiliki kemampuan lebih serta keleluasaan dalam mengawal netralitas Aparatur Sipil Negara dan jajaran TNI/Polri dalam Pilkada Serentak Tahun 2018. Untuk itu diperlukan langkah-langkah strategis dalam mengawal stabilitas politik dan keamanan di daerah dalam rangka efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

    Selain itu, harus mampu berkoordinasi dengan para Bupati dan Walikota dalam mewujudkan kehadiran pemerintah negara di tengah masyarakat, melalui penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

    "Penjabat Gubernur Jawa Barat harus mampu melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja aparatur Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Barat, agar proses penyelenggaraan pemerintahan daerah difokuskan pada upaya pemberian pelayanan publik yang terbaik bagi kepentingan masyarakat," tegasnya.

    Pada kesempatan yang sama, Mendagri juga mengapresiasi kepada mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Mantan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar atas pengabdian dan jasa-jasanya selama menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. 

    "Atas nama Pemerintah Pusat, Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada pak Ahmad Heryawan dan pak Deddy Mizwar yang telah mengemban tugas sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat selama 5 tahun," ucapnya.

    Mendagri pun mengucapkan selamat kepada Komjen. Pol. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H., Sekretaris Utama pada Lembaga Ketahanan Nasional RI, sebagai Pejabat yang ditugaskan oleh Presiden RI menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat.

    "Kemampuan dan integritas saudara diuji dalam mengemban tugas-tugas negara di Provinsi Jawa Barat," pungkasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus