Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    2019, Kominfo Targetkan 1 juta Petani dan Nelayan Online

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28038.jpg
    Kemenkominfo RI menargetkan pada tahun 2019 mendatang, sekitar 1 juta petani dan nelayan di seluruh indonesia sudah mampu memanfaatkan teknologi informasi atau digital.

    BANDUNG – Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo Slamet Santoso mengatakan salah satu fungsi dari Kominfo adalah ikut mendorong institusi lainnya dalam meningkatkan kinerja. Misalnya kerjasama antara Kominfo dengan Kementan dalam mendorong peningkatan pendapatan petani atau nelayan.

    Ia mengatakan Kominfo memiliki target pada tahun 2019 mendatang, sekitar 1 juta petani dan nelayan di seluruh indonesia sudah mampu memanfaatkan teknologi informasi atau digital.

    “Ada target tahun 2019, sebanyak 1 juta petani atau nelayan digital bisa terbentuk, saling terkoneksi satu sama lain,” jelasnya di Bandung, Rabu (12/4).

    Upaya menambah peningkatan pendapatan petani oleh Kominfo, sejak awal 2017, susah lakukan melalui digitalisasi terhadap  tujuh sektor strategis. Kominfo hanya menjadi pendorong, sementara leading sektornya berada di kementerian pertanian.

    Selain itu juga telah diterbitkan Kartu Tani, tujuannya agar petani terkontrol datanya, serta mudah dalam memberikan bantuan bagi petani dan tepat sasaran. Kartu tani ini bekerjasama dengan bank pemerintah dalam penyaluran dananya.

    “Petani dengan Kartu Tani dapat membeli pupuk atau benih, tinggal digesek saja, tanpa keluar uang. Anggarannya sudah disiapkan pemerintah,” jelasnya.

    Ia mengatakan sekitar 9 juta petani sudah mendapatkan kartu tani tersebut. Khusus untuk Jawa Barat, Kartu Tani itu bekerjasama dengan Bank Mandiri.

    “Akan disalurkan dana sebesar Rp30,3 triliun untuk pembelian pupuk dan sekitar Rp1 triliun untuk benih. Dibeli dengan Kartu Tani, sebagai bagian dari pemanfaatan teknologi digital dan transaksi nontunai Bank Indonesia,” tegasnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus