Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    5 Cabor Asian Games Bakal Digelar di Jabar

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27286.jpg
    sports.okezone.com

    BANDUNG- Lima cabang olahraga (cabor) Asian Games 2018 akan dipertandingkan di wilayah Jawa Barat.

    Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa usai menggelar rapat dengan Tim dari Kantor Staf Presiden RI terkait persiapan Asian Game 2018 di Gedung Sate Bandung, Jumat (2/2/2018).

    Iwa mengungkapkan ke lima cabor tersebut meliputi Sepakbola, Slalom, Paragliding, Cycling MTB, dan Cycling Roadrace.

    "Rapat kali ini membahas mengenai evaluasi dalam rangka persiapan Asian Games 2018, karena lima cabor ini akan digelar di Jawa Barat," ungkap Iwa.

    Iwa menyebutkan untuk Cabor Sepakbola akan digelar dari mulai kualifikasi sampai dengan semifinal, dan bahkan final. Ada lima stadion yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat diantaranya Stadion Patriot di Kota Bekasi, Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Kabupaten Bekasi, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage Kota Bandung dan Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung.

    "Kita siapkan juga stadion untuk final dan semifinal pertandingan sepakbola," ujar Iwa.

    Selanjutnya, untuk Cabor Cycling MTB (Sepeda Gunung) itu akan digelar di Subang, begitupun Cycling Roadrace (Balap Sepeda) juga digelar di Jalan Subang dan Purwakarta. Sedangkan Paragliding di Gunung Emas Puncak Bogor.

    Sekda Jabar menambahkan pihaknya juga menyiapkan tempat latihan, misalnya ketika bertanding di Stadion Si Jalak Harupat maka yang menjadi tempat latihannya di Lapangan Unpad Jatinangor, dan Stadion Siliwangi Bandung. Sedangkan untuk GBLA itu di Sabuga, dan SOR Arcamanik. 

    "Jika bertanding di Stadion Pakansari itu tempat latihannya di Stadion Persikabo dan Stadion Pajajaran Kota Bogor. Untuk Stadion Wibawa Mukti itu di Stadion Sutasoma 77 dan lapangan muda jaya. Dan yang terakhir untuk Stadion Patriot itu tempat latihannya di lapangan A GBK dan B GBK," jelas Iwa.

    Alasan dipilih tempat latihan itu karena bisa diakses 30 menit ke hotel dan memiliki rumput alami. Untuk GBLA, Si Jalak Harupat, Pakansari, Patriot dan Wibawa Mukti harus direnovasi terlebih dahulu.

    "Beberapa stadion memang perlu perbaikan dan rehabilitasi. Ini akan ditangani oleh Kementerian PUPR yang sedang dalam proses," tutur Iwa.

    Adapun, untuk Paragliding telah melakukan penyesuaian lokasi agar sesuai dengan kriteria kompetisi dan penambahan arena launcher sudah dalam proses. Dan untuk Slalom akan digelar di Bendung Rentang Majalengka.

    "Soal penginapan atlet, kita tawarkan di Bandung dengan jarak tempuh sekitar 3 jam sampai di lokasi pertandingan, akan tetapi kalau menginap di Cirebon akan menempuh waktu 2 jam, tinggal pilihannya kepada pemerintah pusat," imbuh Iwa.

    Sementara, untuk Cycling Roadrace (balap sepeda) sudah ditentukan jarak yang akan ditempuh oleh para peserta dalam cabang olahraga ini. 

    Untuk Individual Roadrace laki-laki dengan panjang lintasan balap sejauh 175,9 km dan wanita 120,1 km dan untuk Individual Time Trial laki-laki sejauh 38,3 km dan wanita 18,7 km.

    "Sedangkan untuk Cycling MTB (sepeda gunung) terkait pemeliharaan jalan akses sepeda gunung akan dilaksanakan oleh Pemerintah Subang," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus