Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jawa Barat Sebagai Poros Budidaya Perikanan Laut

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26871.jpg

    BANDUNG-Bertempat di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Pelabuhan Ratu telah diselenggarakan peresmian bantuan 4 (empat) unit Keramba Jaring Apung kepada Kelompok Nelayan Sinar Laut Kidul di Desa Sangrawayang Kec. Simpenan Kab. Sukabumi,Kamis (11/1). 

    Bantuan ini merupakan sebagai bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang bertemakan “Dedikasi Untuk Negeri”. Peresmian dilakukan oleh Wiwiek Sisto Widayat - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat yang disaksikan oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, dan Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Jawa Barat IV, Heri Gunawan.

    Bantuan Keramba Jaring Apung ini yang berbahan Prime Grade Polyethylene (PE) dengan anti-UV, diharapkan mampu bertahan selama 20 tahun, dan bantuan ini yang juga merupakan salah satu bentuk komitmen Bank Indonesia dalam memajukan sektor kemaritiman di Indonesia khususnya di Jawa Barat, sebagai wujud dukungan program pemerintah kabupaten Sukabumi dalam merealisasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Tahun 2015 – 2019 yang menitikberatkan pada pembangunan Keunggulan Kompetitif, SDM dan Iptek. 

    Selain itu,  bantuan yang diberikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat juga merupakan bagian dari program pengembangan UMKM Unggulan Bank Indonesia dalam rangka mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal (Local Economic Development) sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru. 

    Tujuan program pengembangan UMKM Unggulan ini adalah untuk menumbuhkan dan menciptakan pusat-pusat aktivitas ekonomi baru yang dapat dilakukan oleh masyarakat setempat.

    Kelompok Nelayan Sinar Laut Kidul merupakan salah satu kelompok budidaya perikanan yang berada di Kecamatan Simpenan, Desa Sangrawayang dimana sejak tahun 2010 Kelompok Budidaya Perikanan “Sinar Laut Kidul” merupakan salah satu kelompok budidaya perikanan yang secara khusus digunakan sebagai wadah pengembangan jenis mata pencaharian tambahan selain penangkapan ikan dan pengasinan ikan, yaitu budidaya lobster jenis pasir dan mutiara dengan menggunakan metode Keramba Jaring Apung.

    “Bantuan yang kami berikan ini diharapkan dapat mendorong kinerja Kelompok Budidaya Perikanan “Sinar Laut Kidul” sehingga mampu menghasilkan hasil budidaya biota laut yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. Lebih lanjut, peningkatan Kinerja yang salah satu faktornya berasal dari bantuan yang kami berikan, juga diharapkan mampu merangkul kelompok-kelompok Budidaya Perikanan lainnya yang tergabung dalam sebuah Gabungan Kelompok Budidaya Perikanan sehingga menjadikan wilayah di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu “Sentra Perikanan” terbesar di Provinsi Jawa Barat," tutur Wiwiek dalam siaran persnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus