Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kualitas Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Terus Meningkat

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26011.jpg

    BANDUNG – Kota Bandung dengan banyaknya universitas negeri dan swasta ternyata banyak pula melahirkan penemuan mengesankan, salah satunya keberhasilan dalam membangun prototipe mobil listrik.

    Hal itu disampaikan oleh Pembantu Direktur Politeknik Negeri Bandung Bidang Akademik Paula Santirudati dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) IX di Politeknik Bandung, Kamis (23/11).

    "Tahun ini secara kualitas terjadi peningkatan, terlihat dari mobil mobil yang dipertandingan. Artinya awareness mahasiswa untuk berinovasi membuat kendaraan yang ramah lingkungan semakin meningkat," ujarnya.

    General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana mengungkapkan PLN sebagai penyedia listrik juga mendukung upaya penelitian dan pengembangan mobil listrik.

    "Keberadaan PLN disini  sebenarnya lebih dari sekedar menjual listrik saja. Tapi penggunaan energi yang bersih dan ramah lingkungan harus mendapat dukungan yang maksimal dari semua pihak. Penggunaan energi baru dan terbarukan ini juga merupakan salah satu pengembangan prioritas bagi PLN,” katanya

     Untuk menyambut era kendaraan listrik, salah satu dukungan nyata yang diberikan oleh PLN untuk menyukseskan penggunaan kendaraan listrik di tengah-tengah masyarakat antara lain dengan pengembangan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU). yang diharapkan dapat melayani kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum, seperti untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau pedagang kaki lima (PKL) serta mencegah adanya pencurian listrik yang membahayakan.

     Pengoperasian SPLU mengadopsi sistem prabayar. Untuk menggunakannya, masyarakat perlu mengisi pulsa (stroom) kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dan lain-lain dengan menyebutkan ID Pelanggan atau nomor kWh Meter yang tercantum di SPLU yang akan digunakan. 

     SPLU sendiri terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe hook yang dapat ditemui di tiang-tiang milik PLN, dan tipe standing yang menjadi suatu bangunan tersendiri. SPLU tipe hook terdiri dari 2 kWh Meter dan setiap meter memiliki daya 5.500 VA sedangkan SPLU tipe standing terdiri dari 4 kWh Meter.jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus