Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sumedang Bisa Gelar Pertandingan Paralayang Pada Ajang Asian Games 2018

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25971.jpg

    SUMEDANG-Dengan segala potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sumedang untuk menggelar olahraga Paraglyding, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan berharap Sumedang dapat menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan olahraga kedirgantaraan tersebut pada Asian Games 2018 mendatang. 

    Harapan Bupati seperti itu didasari berkat tersedianya lokasi untuk menggelar pertandingan olahraga Paralayang yang terletak di Kampung Toga Sumedang Selatan dan daerah Batudua Kecamatan Cisitu yang juga dipakai pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016 beberapa waktu lalu.

    "Ya, semoga saja pada ajang Asean Games 2018 nanti kedua lokasi kita itu juga dapat dipilih khususnya untuk menggelar pertandingan Lintas Alam (Cross Country) Paralayang," ujar Eka saat memberikan sambutan pada acara penutupan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (PORDA) dan Kejuaraan Daerah 2017 Paralayang di kawasan Kampung Toga Sumedang Selatan, Selasa, (21/11/2017) sore.

    Pernyataan Eka saat itu diperkuat oleh salah seorang Pengurus Daerah Olahraga Paralayang Jawa Barat Darmawan Sirin. Dikatakan Darmawan, khususnya untuk pertandingan Lintas Alam Paralayang pada Asian Games 2018, Kab. Sumedang dinilai mempunyai potensi untuk terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan event tersebut karena memiliki Kampung Toga dan Batudua yang fenomenal dan telah dikenal luas sampai tingkat Mancanegara.

    "Berdasarkan informasi, sampai saat ini kawasan puncak Kab. Bogor akan menjadi lokasi tempat penyelenggaraan pertandingan Lintas Alam Paralayang, namun saya dengar tak kurang juga para calon peserta baik nasional maupun mancanegara menginginkan agar pelaksanaan pertandingannya diselenggarakan di sini (Sumedang)," ungkap Darmawan.

    Pada kesempatan tersebut Darmawan pun mengatakan kalau jarang sekali di sebuah kabupaten/kota terdapat dua lokasi yang representatif untuk menggelar sebuah pertandingan Lintas Alam Paralayang seperti di Kab. Sumedang.

    "Sumedang memiliki Kampung Toga dan Batudua yang fenomenal dengan alamnya yang sangat luar biasa untuk menggelar pertandingan Lintas Alam Paralayang, dan ini sangat jarang sekali ada dua lokasi Lintas ALam dalam sebuah kabupaten," ujarnya.

    "Atas dasar hal tersebut, semoga saja pada ajang Asian Games 2018 mendatang, kedua lokasi di Sumedang ini dapat dijadikan tempat penyelenggaraan pertandingan (Lintas Alam Paralayang)," imbuhnya.

    Sementara itu, terkait kegiatan Babak Kualifikasi Porda dan Kejurda 2017 dengan diikuti oleh sebanyak 102 orang peserta dari 15 kabupaten/kota di Jawa Barat yang sudah diselenggarakan selama tujuh hari di Kampung Toga Sumedang Selatan sampai dengan hari ini, Kab. Sumedang berhasil merebut sebanyak 2 Emas, 2 Perak dan 3 Perunggu dari berbagai nomor pertandingan yang diselenggarakan.

    Kegiatan yang dihadiri oleh para pengurus Pengda Olahraga Paralayang Jabar dan Pengkab serta Ketua Koni Kabupaten Sumedang tersebut, Bupati Sumedang berkesempatan untuk menyerahkan Piala dan Medali kepada atlet yang menjadi juara pada ajang kali itu.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus