Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Koperasi Harus Ikut Ambil Bagian di BIJB Majalengka

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25778.jpg

    BANDUNG- Jumlah koperasi yang ada di Jawa Barat (Jabar) saat ini seperti tercatat pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Prov. Jabar berjumlah 25.933 unit dimana koperasi aktif berjumlah 16.542.

    "Ada sekitar 9 ribuan yang tidak aktif. Penyebabnya macam-macam, mulai dari persepsi masyarakat dan pengurus yang keliru tentang koperasi hingga akuntabilitas pengurus diragukan," ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eddy Nasution di Gedung Sate, Jumat (10/11).

    Saat ini anggota koperasi di Jabar tercatat mencapai 6,2 juta orang. Modal koperasi sangat besar yakni mencapai Rp 35,94 triliun dimana setiap tahun dibagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp 3,73 triliun.

    Dengan potensi yang besar, menurutnya, koperasi seharusnya dapat berkembang lebih pesat lagi. Apalagi dengan dibukanya bandara internasional BIJB di Majalengka, koperasi dapat ikut ambil bagian.

    "Koperasi bisa masuk mengelola lahan Aerocity, UMKM bisa masuk, bisa ikut mengelola kargo dan lainnya. Itu potensi besar, jangan ketinggalan. Harus masuk ke BIJB," tegasnya.

    Selain itu koperasi juga harus mulai memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mengembangkan diri, menawarkan produknya hingga memperkuat pasar.

    "Saat ini kegiatan bisnis sudah banyak menggunakan TIK, jika koperasi tidak memanfaatkan TIK, maka akan terlindas, akan ketinggalan. Jadi mulailah memanfaatkan TIK untuk memperluas penjualan," ujarnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus