Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jokowi Beri Nama Nurtanio untuk N 219 Buatan PTDI dan LAPAN

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25770.jpg

    BANDUNG-Bertempat di Base Ops, Lanud Halim Perdanakusuma, Jalan Halim Perdanakusuma, DKI Jakarta, Jumat (10/11), purwarupa pesawat pertama N219 karya anak bangsa hasil kerjasama PTDI dan LAPAN diberikan nama oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo. 

    Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo memberikan nama Nurtanio kepada purwarupa pesawat N219. 

    Filosofi dibalik diberikannya nama Nurtanio pada purwarupa pesawat N219 karena Laksamana Muda Udara (Anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo telah merintis pembuatan pesawat terbang di tanah air sejak tahun 1946.

    Nurtanio Pringgoadisuryo dikenal sebagai salah seorang perintis berdirinya industri pesawat terbang yang bekerja di Biro Perencana Konstruksi Pesawat di lingkungan Tentara Republik Indonesia berkedudukan di Madiun yang merupakan cikal bakal lahirnya industri dirgantara di Indonesia. 

    Acara pemberian nama purwarupa pesawat N219 disaksikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Dikti, Mohamad Nasir, Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Idham Azis, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Fadjar Prasetyo, Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, dan Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro beserta seluruh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris PTDI.

    Sejarah panjang berdirinya PTDI tidak dapat dipisahkan dengan sejarah berdirinya TNI AU, tahun 1946 didirikan Biro Perencana Konstruksi Pesawat di lingkungan Tentara Republik Indonesia berkedudukan di Madiun yang kemudian dipindahkan ke Andir (sekarang Husein Sastranegara) di Bandung. 

    Hasil rancang bangunnya antara lain pesawat layang jenis Zogling, Nurtanio, Wiweko Glider (NWG) dan pada tahun 1948 membuat pesawat Wiweko Experimental Light Plane (WEL X). Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus