Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pesantren Cikalama Minim Penerangan

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25536.jpg

    SUMEDANG-Lokasi di sekitar Pondok Pesantren Cikalama Dusun Cikalama RT.03/010 Desa Sindang Pakuon Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, saat ini kondisinya masih minim penerangan.

    Hal itu diungkapkan Pimpinan Pontren Cikalama, K.H. Raden Yuyu Yusup atau akrab dengan panggilan Mama Yuyu yang disampaikan kepada Bupati Sumedang H. Eka Setiawan saat berkunjung ke kediamannya sebelum melaksanakan Shalat Jumat di Masjid lingkugan Pontren Cikalama, Jumat, (27/10/2017). 

    Diterangkan Yuyu lebih lanjut, bila malam hari kondisi di sekitar lingkungan Pontren dirasa kurang representatif untuk digunakan aktivitas para santrinya, sehingga keberadaan Penerangan Jalan Umum di tempatnya cukup mendesak. Ditambah lagi, kondisi jalan menuju pesantren sudah perlu dilakukan perbaikan, mengingat terakhir kali dilakukan pengaspalan yakni pada sekitar tahun 1992 silam.

    “Dapat kami sampaikan ke Pak Bupati (Eka), saat ini kami sangat membutuhkan lampu sebagai penerangan jalan umum untuk ditempatkan di beberapa titik, sehingga akan memudahkan buat kami apabila ada kegiatan yang dilakukan pada malam hari. Selain itu, kami juga membutuhkan adanya perbaikan pada akses jalan menuju Pesantren yang rencananya kami ingin menggunakan paving block. Untuk itu, kami mohon kepada Bapak (Bupati) untuk bisa memfasilitasinya,” ujarnya.

    Menanggapi permintaan Pimpinan Pontren dengan jumlah santri sebanyak 425 orang santriawan/ti tersebut, Bupati Eka berjanji untuk bisa segera memasang sebanyak empat buah Penerangan Jalan Umum, dan juga pembaruan pipanisasi guna kelancaran aliran air di pontren Cikalama. ’Untuk PJU, mudah-mudahan kita akan segera bisa untuk memasangnya pada empat titik seperti permintaan Mama (Yuyu), berikut perbaikan pada pipanisasi sehingga aliran air di sini (Pontren) semakin baik,” tandas Eka.

    Sementara itu, dalam pidato Eka sesaat sebelum melaksanakan Shalat mengatakan, dirinya sangat membutuhkan do’a sekaligus dukungan dari para Kyai berikut santriawan/ti guna tetap turut menjaga kondusifitas yang dianggapnya telah berada dalam kondisi baik. “Tahun depan (2018) khususnya di Kabupaten Sumedang dan beberapa wilayah di Jawa Barat akan melaksanakan pesta demokrasi. Untuk itu pada kesempatan ini saya mohon kepada para pemuka agama di sini (Cikalama) agar turut menjaga kondusifitas di lingkungan Pemkab Sumedang. Saya percaya apabila ada bimbingan dari para Kyai maka situasi dan kondisi di Kab. Sumedang kondusifitasnya akan tetap terjaga seperti harapan kita bersama,”pungkasnya.

    Pada kunjungannya saat itu, Bupati Eka menyerahkan sejumlah bantuan berupa satu buah Speaker Aktif jenis Wireless untuk digunakan di Pontren tersebut, berikut penyerahan santunan berupa sembako kepada enam orang terdiri dari dua orang santri dan empat orang lanjut usia.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus