Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dinkes Jabar Inisiasi Gerakan Aksi Daerah

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25424.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat menghimbau agar Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) lebih dulu dilakukan diinstansi pemerintahan. Setelah mendapatkan instruksi tersebut maka  Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat akan melakukan aksi daerah.

    Kepala Dinkes Jabar, Dodo Suhendar mengatakan, aksi tersebut merupakan sinergi kegiatan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sebagai contoh Dinas Lingkungan Hidup akan melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik terutama pengelolaan sampah. Dinas Pendidikan akan memberikan edukasi dan pengetahuan tentang pengelolaan sampah dengan melibatkan siswa sekolah melalui kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Dinas Pehubungan (Dishub) akan meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas.

    Sedangkan Dinkes Jabar sendiri akan melakukan tindakan preventif  dengan melakukan pengecekan sejak dini terhadap penyakit yang berada di masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit secara dini, mendeteksi dan mengobati lebih awal penyakit yang diderita oleh masyarakat.

    "Kami dari Dinkes Jabar akan melakukan tindakan preventif dengan mencegah penyakit tidak menular yakni melakukan screening tes kanker serviks, stroke, jantung dan diabetes,"katanya usai mengikuti kegiatan Penggalangan dan Penandatanganan Komitmen Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di hotel El Royal Bandung, Rabu (18/10/2017)

    Selain itu, kata Dodo, kedepannya akan dibentuk Peraturan Gubernur (Pergub) tentang rencana aksi daerah berkenaan dengan Gerakan Masyarakat sehat (Germas) sehingga bisa digambarkan berbagai kegiatan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada.

    "Hasil pertemuan dengan pemerintah pusat yang diprakarsai oleh Kemendagri dan Bappenas maka kedepannya akan ada kebijakan umum anggaran sehingga harus memasukkan program Germas itu ke dalam masing-masing SKPD,"pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus