Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ratusan Siswa Ikuti Peragaan Manasik Haji

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25332.jpg

    SUMEDANG-RATUSAN peserta didik Lembaga Kelompok Bermain (Kober) Kecamatan Pamulihan, mengikuti peragaan manasik haji, dilapangan Sepak Bola tunggul hideung Kecamatan pamulihan, Kamis (12/7).

    Kegiatan yang digagas oleh HIMPAUDI kecamatan pamulihan bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Pamulihan tersebut terlihat meriah. Bahkan para orang tua siswa nampak antusias untuk ikut membimbing jalannya peragaan manasik tersebut.
    Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sumedang H. Eka Setiawan, ketua Himpaudi Kabupaten Sumedang Hj. Hanneu Budhi eka Setiawan, Camat Pamulihan Harry tri santosa, para kepala desa se-Kecamatan Pamulihan, jajaran Pengurus karang taruna Kecamatan pamulihan, Himpaudi Kecamatan Pamulihan dan ratusan siswa-siswi beserta orang tua.

    Ketua Himpaudi kecamatan Pamulihan, Sumarni dalam laporanya menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut untuk mengenalkan dan menanamkan nilai- nilai ibadah sejak usia dini. Dengan peragaan manasik haji dan umroh adalah faktor yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap muslim terutama calon jema’ah haji.

    “Tujuan peragaan manasik haji untuk anak antara lain yaitu bisa menanamkan rasa cinta anak kepada Allah SWT, Rasul beserta ajaran dan sunahnya, memperkenalkan tata cara pelaksanaan ibadah haji atau pemahaman dasar ibadah haji, mengajarkan mentalitas kemandirian kepada semua siswa / anak didik, melatih fisik dan bisa mempererat kasih sayang orang tua siswa, guru-siswa maupun antar siswa” paparnya

    Kegiatan ini, kata Sumarni, diikuti 41 lembaga Kelompok bermain se-Kecamatan Pamulihan, dengan jumlah siswa 630 dan setiap siswa diikut sertakan pembimbingnya dalam hal ini pihak orang tua.

    Sementara itu Bupati Sumedang H. Eka Setiawan, menyampaikan kegiatan ini untuk menanamkan rasa cinta anak kepada Allah SWT, serta memberi pondasi anak sejak dini. “Dengan latihan Manasik Haji ini saya berharap siswa dan siswi kelompok bermain di pamulihan secara dini mengenal cara-cara melaksanakan Ibadah Haji, dengan dibiasakan secara dini mudah-mudahan akan meningkatkan iman dan taqwa para siswa” ujarnya

    Menurut Eka, secara umum manasik haji memiliki beberapa target poin, diantaranya untuk menanamkan keimanan yang kuat kepada anak-anak sepanjang hayat, untuk mengumandangkan syiar Islam, untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual anak. Eka berharap, kegiatan manasik haji bagi anak dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

    “Kami sangat mendukung kegiatan pembelajaran manasik haji ini. Karena sangat relevan dengan keinginan pemerintah daerah dalam upaya menyiapkan generasi penerus yang memiliki akhlakqul karimah, terampil dan memiliki kemauan untuk mengaktualisasikan spirit ajaran yang terkandung di dalam ritual ibadah haji ketika anak-anak itu dewasa,” paparnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus