Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Makna Hidup Pengaruhi Indeks Kebahagiaan Masyarakat

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25012.jpg

    BANDUNG-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat, Dody Herlando mengatakan, salah satu pemicu indeks kebahagiaan masyarakat yaitu makna hidup.

    Dody menyebutkan, meskipun kebahagiaan itu salah satunya bisa dilihat dari kondisi keuangan masyarakat. Namun ada sisi lain yang perlu diperhatikan dalam memperoleh kebahagiaan yaitu dimensi makna hidup. 

    "Sebenarnya perlu edukasi bagi masyarakat agar memahami dimensi makna hidup," ujar Dody kepada wartawan di Bandung, Senin (25/9/2017). 

    Index kebahagian merupakan kolaborasi antara kuantitatif dengan kualitatif, seperti sisi materi dan non materi. Indeks kebahagiaan ini bisa dikatakan sebagai penyeimbang. 

    Terkadang, kata Dody, sebagian kelompok masyarakat mengukur kinerja suatu instansi, organisasi maupun birokrat namun seringkali terlewat unsur masyarakat yang merupakan salah satu faktor terpenting dalam indeks pembangunan.

    "Yang pertama kali dilihat dari indeks kebahagiaan ini adalah respon masyatakat. Kadang mereka banyak uang tapi tidak merasa aman," kata Dody. 

    Beberapa indikator kepuasan hidup diantaranya pendidikan, pendapatan, makna hidup, dan afeksi (perasaan). "Afeksi ini lebih kepada pendekatan psikologi," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus