Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Teknologi e-Commerce Kunci Perluas Pemasaran

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24412.jpg

    BANDUNG-Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar (Demiz) mengatakan, dewasa ini sudah berada di era ekonomi digital. Data e-Marketer menunjukan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahun terus bertambah, yaitu dari 72,8 juta orang pada tahun 2013   menjadi 102,8 juta orang pada tahun 2016, sehingga menempatkan Indonesia di urutan ke-6 pengguna internet terbanyak di dunia. 

    "Bahkan, tahun 2017 Negara kita diproyeksikan akan menyalip Jepang di urutan ke-5, dengan jumlah pengguna internet diperkirakan akan menjadi 112,6 juta orang. Selain itu, Bank Indonesia memperkirakan bahwa pengguna internet di Indonesia yang berbelanja secara online mencapai 24,7 juta orang, sehingga nilai transaksi e-commerce melesat dari sekitar 25 triliun rupiah pada tahun 2014 menjadi 69,8 triliun rupiah di tahun 2016, dan tahun 2018 diperkirakan akan menjadi 144 triliun rupiah. Sedangkan nilai investasi teknologi di sektor e-commerce dan financial technologi diperkirakan mencapai 22,6 triliun rupiah" katanya dalam sambutan Pembukan Cooperative Fair ke-14 di Metro Indah Mal Jl. Soekarno Hatta Bandung, Kamis (10/8).

    Menurut Demiz Kondisi tersebut memberikan gambaran sekaligus motivasi bahwa aktivitas ekonomi digital atau e-commerce berpeluang besar untuk terus berkembang. Baik penjual maupun pembeli sama-sama membutuhkanya, karena e-commerce tidak saja menawarkan kemudahan, tetapi juga efisiensi waktu, tenaga dan biaya.

    Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, Indonesia jangan hanya menjadi pasar, tetapi harus menjadi basis produksi di Asia Tenggara, dan KUMKM harus terlibat di dalamnya. Kita harus bisa, karena kita punya 8,7 juta KUMKM, potensi yang cukup besar untuk menjadikan negara kita sebagai Global Player. Kita juga bersyukur, karena selain Kredit Cinta Rakyat, alternatif bantuan modal usaha bagi KUMKM juga hadir dari Pemerintah, yang berencana untuk kembali menurunkan bunga KUR dari 9% menjadi 7%. 

    "Berangkat dari hal-hal tersebut, sesuai dengan tema yang diangkat pada Cooperative Fair ini, yaitu “Digitalisasi KUMKM Menuju Pasar Global”, Saya mendorong kepada seluruh pelaku usaha koperasi dan UMKM di Indonesia khususnya di Jawa Barat, untuk sadar dan melek teknologi agar mampu bersaing dengan negara lain" jelasnya

    "Itulah sebabnya, Saya minta kepada seluruh Perangkat Daerah yang terlibat dalam program pencetakan seratus ribu WUB Jawa Barat, untuk lebih memperkuat pembekalan kepada para peserta pada aspek teknologi informasi, sehingga para WUB bisa memasarkan produknya melalui portal mandiri atau setidaknya melalui media sosial, ataupun kita fasilitasi untuk masuk ke perusahaan e-commerce swasta yang berpihak kepada KUMKM. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus