Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dewan Ingatkan Masyarakat Tingkatkan Kontrol Sosial

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24408.jpg

    BANDUNG-Kontrol Sosial yang terjadi di masyarakat dinilai menurun. Pembangunan kota-kota besar yang ditandai dengan tumbuhnya gedung vertikal, terjadi pola pergeseran komunikasi sosial yang ternyata tidak sesuai dengan budaya Indonesia.

    "Kultur kita guyub, gotong royong dan membangun kebersamaan,"kata Wakil Ketua Komisi V DPRD  Propinsi Jawa Barat, Yomanius Untung kepada wartawan di Bandung, Rabu (9/8/2017)

    Menurutnya, penghuni apartemen termasuk di Bandung dinilai interaksi soasialnya terbatas bahkan bersifat individualisme. Berbeda dengan kehidupan di pedesaan yang masih sering terjadi interaksi sosial di masyarakat.

    "Ketika di perkampungan ada ronda bersama, apakah di apartement ada juga?,"ujarnya.

    Yomanius menjelaskan, sifat individualistis ini akan menimbulkan persoalan tersendiri seperti peredaran narkoba dan pergaulan bebas. 

    "Dibeberapa apartement malah dijadikan sebagai sarang peredaran narkoba,"tuturnya. 

    Terakhir, terjadi di kawasan apartement di Bandung yang melakukan aksi bunuh diri. Seharusnya kata Untung, jika sosial kontrol masyarakat tinggi maka tidak akan terjadi kejadian tersebut meskipun korban dinyatakan mengalami gangguan jiwa. 

    "Meski keduanya dikatakan mengalami gangguan jiwa jika sosial kintrol di masyarakat tinggi maka kejadian itu tidak akan terjadi,"pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus