Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bela Negara Ormas Kabupaten Bandung Diperkuat

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita

    BANDUNGKAB-Demi menangkis intoleransi yang bisa memecah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayahnya, Bupati Bandung H.Dadang M.Naser kuatkan kesadaran bela negara dengan kehadiran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), khususnya yang aktif di Kabupaten Bandung.

    “Beberapa konflik intoleransi baik yang berdimensi vertikal maupun horisontal akibat perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan bahkan perbedaan kepentingan politik telah mengancam integrasi bangsa saat ini,maka untuk menangkisnya Ormas harus kuat jadi garda pemersatu bangsa," ucap Bupati usai memberikan materi dalam acara Pelatihan Peningkatan Kesadaran Bela Negara Bagi Ormas, yang digelar di
    Aula dan lapangan pangkalan TNI atau angkatan udara Lanud Sulaiman Bandung Kecamatan Margahayu, Kamis (18/5).

    Bupati menuturkan, upaya konkrit untuk menumbuhkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan seperti ini perlu terus dikembangkan dalam berbagai lingkungan, termasuk bagi para ormas kepemudaan. Pada kesempatan itu, Dia mengajak agar seluruh ormas juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bisa menjalankan perannya untuk keutuhan NKRI.

    "Hayu Ormas dan LSM bekerja dan berkarya demi negara, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air dan tetap terjaminnya keutuhan NKRI dan membangun Kabupaten Bandung.

    Bupati  memaparkan, pelatihan tersebut merupakan salah satu  prioritas misi pembangunan Kabupaten Bandung 2017-2021 dari segi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Dia berharap dari kegiatan ini, Ormas Kabupaten Bandung dapat menjadi kader yang handal dan tangguh dalam mensosialisasikan hak dan kewajiban bela negara. 

    "Terutama dalam penerapan sikap persatuan dan kesatuan, disiplin, kegotongroyongan, kebersamaan serta kesadaran terhadap upaya pembelaan bangsa dan negaranya, SDM Ormas Kabupaten Bandung.

    Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Iman Irianto menegaskan, pelatihan kesadaran bela negara yang melibatkan pihak TNI Lanud Sulaeman tersebut, bukan hanya membangun kekuatan masa. Menurutnya, baru pertama kali ormas besar di Kabupaten Bandung membaur dan membangun kekompakan ideologi Pancasila, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara bisa ditanamkan. 

    "Ini bukan hanya membangun kekuatan masa, lebih dari itu kedepan Ormas akan akan menjadi mitra  terdepan dalam penguatan ideologi pancasila," ungkap Iman di depan 110 orang peserta dari perwakilan Ormas di kabupaten Bandung tersebut.

    Giat yang berlangsung sejak16 hingga 18 Mei 2017 ini ucap Iman, melibatkan 16 Ormas besar di Kabupaten Bandung, yakni Patriot bela negara, BPPKB, KSBI, Bela Masyarakat, FKPPI, Pemuda Pancasila, PPM, GMBI, Gibas, anggota XTC, AMS,  Karang taruna, Laki, Lakri Penjara dan Perkara.

    Dia menuturkan, Ormas yang dilatih dengan pola bina mental tersebut harus mampu mengidentifikasi dampak negatif yang harus dicermati dari hadirnya intoleransi dan disintgrasi. 

    Menurutnya salah satu penyebab adalah indikasi kecenderungan menipisnya wawasan kebangsaan dan bela negara dikalangan masyarakat, melalui isu terkait perbedaan agama yang saat ini sedang ramai dibahas. 

    “Tugas selanjutnya adalah bagaimana pengetahuan dan pembentukan kepribadian bela negara yang telah diserap, agar selanjutnya dapat diterapkan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, sabilulungan pahatkan ideologi pancasila untuk NKRI”, paparnya

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus