Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bangun Lumbung Pangan di Perbatasan

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita

    BANDUNG–Daerah perbatasan memiliki banyak lahan yang luas dan subur namun masih belum dimanfaatkan untuk produksi pangan. Sehingga pemerintah terus berupaya membangun lumbung pangan di perbatasan tersebut.

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan lumbung pangan di kawasan perbatasan akan sangat membantu perekonomian masyarakat setempat yang jauh dari pemerintah di Jakarta. Disisi lain hasil produksinya dapat diekspor ke negara tetangga dengan sangat mudah.

    “Kalau diperbatasan ekspor itu bisa pakai mobil atau dibawa jalan kaki sudah sampai. Nah kita sedang bangun lumbung pangan di perbatasan,” ujar dia.

    Dia mencontohkan pembangunan lahan tanaman padi organik di Entikong, yang merupakan perbatasan dengan Malaysia. Produksinya kini sudah dinikmati warga setempat dan sebagi sudah diekspor ke Malaysia.

    Ia menyebutkan negara tetangga yang terdekat antara lain Singapura, Philipina, Malaysia, Papua Nugini, Australia dan Timor Leste yang merjpakan pasar potensial bagi masyarakat perbatasan.

    Selama ini Singapura sudah menjadi pengimpor jagung, ubi jalar, cabai dan sayuran dari Indonesia. Sementara Malaysia mengimpor pisang, kentang, kelapasawit kopi daln lainnya. Timor Leste bahkan sangat bergangung komoditas impor dari Indonesia yakni kedelai, kelapa sawit dan kopi. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus