Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Inilah 3 Aspek Penyebaran Penyakit Menular

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21987.jpg

    BANDUNG-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan mengawasi dengan ketat penyebaran penyakit menular melalui tiga aspek yaitu arus manusia, arus barang dan binatang. Selama barang dan binatang masih menggunakan alat angkut baik di bandara maupun pelabuhan maka itu kewenanan KKP.

    Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, Muhammad Subuh mengatakan pihaknya mencegah adanya penularan dari manusia, barang dan binatang ke manusia yang lain. Namun setelah keluar dari alat angkut maka itu kewenangan dari karantina hewan dan bea cukai.

    "Tetapi kalau masih di alat angkut, itu belum dapat diyakini bebas dari penyakit menular. Maka akan dilakukan penyemprotan untuk mencegah penularan," katanya kepada wartawan di Bandung, Jumat (17/3/2017).

    Begitupun dengan kedatangan kapal laut asing yang masuk perairan Indonesia, dikatakan Subuh, kapal itu di tengah laut akan berhenti dan akan menaikan bendera kuning yang berarti kapal tersebut belum boleh masuk sebelum diperiksa oleh KKP.

    "Petugas KKP harus memeriksa kondisi kesehatan awak kapal yang akan masuk perairan kita, ke tengah laut kemudian diperiksa kurang lebih 2 hingga 3 jam," jelasnya.

    Setelah dinyatakan aman dan diyakini kapal tersebut sehat, tidak membawa barang yang membawa penyakit, maka menurunkan bendera kuning dan dinaikan bendera putih.

    "Kalau bendera putih sudah naik berarti syahbandar sudah mengetahui bahwa kapal tersebut tidak membawa penyakit menular, dan boleh merapat," ujarnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus