Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kantor Kesehatan Pelabuhan Siap Tangkal Penyakit Menular

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21956.jpg

    BANDUNG-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memiliki peran cegah tangkal penyakit menular yang masuk ke Indonesia melalui bandara maupun pelabuhan. Hal itu sesuai dengan Undang Undang Kekarantinaan dan Undang Undang Wabah maupun adanya suatu konvensi internasional yaitu International Health Regulations Tahun 2005.

    Secara keseluruhan KKP sudah ada di 49 ibukota seluruh Indonesia, seperti kota Batam, Sabang, Merauke, dan Biak. Khusus untuk wilayah Jawa Barat dipusatkan di Bandung.

    Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Muhammad Subuh, menjelaskan, pihaknya melakukan cegah tangkal terhadap penyakit yang berpotensi menyebabkan keresahan kesehatan masyarakat dunia atau public health and emergency of international consern. 

    "Kita mencegah masuknya penyakit menular yang disebabkan virus ebola, flu burung, virus Zyka, termasuk Mers Corona Virus dan lain-lain," katanya kepada wartawan di Bandung, Rabu (15/3/2017).

    Menurutnya, tugas pencegahan ini belum bisa diberikan kepada daerah tapi harus dipusatkan, seperti dilakukan oleh imigrasi dan bea cukai. Sedangkan untuk di bandara dan pelabuhan diberikan kepada KKP.  

    "Pencegahan penyakit menular di bandara dan pelabuhan merupakan tugas KKP," ujarnya. 

    Selain fokus pelayanan memberikan vaksinasi juga memfasilitasi layak terbang bagi penumpang di bandara. Misalnya ada penumpang hamil, pihaknya harus memastikan bahwa kehamilannya aman, kemudian melayani penumpang sakit yang akan berobat ke luar negeri.

    "Nah itu yang perlu dilayani dengan evakuasi medic udara," pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus