Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Eddy: Sertifikasi CNC Perusahaan Tambang Masih Rendah

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21375.jpg

    BANDUNG-Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat mencatat Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang bersertifikasi kategori clear and clean (CNC) masih rendah.

    Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jabar Eddy M. Nasution mengatakan proses pemberian izin di daerah berantakan dan tidak sesuai Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara. IUP bermasalah ini menurutnya terbit karena daerah hanya berbekal Peraturan Daerah (Perda).

    "Misalnya perusahaan tambang ini tidak menerbitkan tahapan eksplorasi, yang tercatat baru 330 IUP CNC, dan 290 non CNC,” katanya kepada wartawan di Bandung, Kamis (16/2/2017).

    Menurutnya per Januari 2017, hanya 19 kabupaten/kota di Jabar yang memiliki sumber daya tambang. Jumlah tersebut juga belum seluruhnya lengkap. "Ada dua daerah yakni Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Subang yang belum melaporkan jumlah IUP," ujarnya.

    Selain itu dari 653 berkas terkait pertambangan yang diajukan daerah ke provinsi, dipastikan tidak lengkap. Eddy menilai daerah sengaja memberikan data secara parsial dan bertahap meski secara tenggat, urusan personel, peralatan, pembiayaan dan dokumen (P3D) sudah tuntas 2016 lalu. “Jadi dokumen yang diserahkan belum lengkap,” tegasnya.

    Setelah pihaknya melakukan verifikasi ke lapangan terdapat ketidakakuratan antara data Ditjen Minerba dengan hasil verifikasi terhadap dokumen IUP yang diserahkan daerah.

    Eddy menilai hal ini wajar akibat data yang tidak lengkap. “Ada banyak permasalahan di lapangan terkait izin pertambangan ini,” pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus