Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pembebasan Lahan Soroja Tuntas 100%

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21084.jpg

    BANDUNG—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya menuntaskan pembebasan lahan untuk Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) hingga 100%.

    Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Barat Sri Mudjitono mengatakan hingga pekan ketiga Januari 2017 ini pihaknya sudah memastikan bahwa pembebasan lahan di Soroja sudah tuntas dan pembayaran ganti rugi tengah berjalan. “Betul lahan posisinya sudah 100%,” katanya di Bandung, Selasa (31/1).

    Pihaknya mengakui pembebasan lahan Soroja memang cukup alot. Dari mulai tanah wakaf hingga rumah warga yang terbentur besaran dana pembebasan lahan. Pihaknya mengakui, pengukuran dan appraisal puluhan bidang tanah yang dilakukan pihaknya berjalan cepat. “Tapi begitu masyarakat sepakat soal harga, duitnya belum ada dari pihak PUPR,” tuturnya.

    Menurutnya proses pembebasan lahan Soroja memang sangat tergantung pada dana dari PUPR. Namun karena tak kunjung cair, maka pihak kontraktor PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) akhirnya mengusahakan dana talangan sebesar Rp 14 miliar. “Sekali lagi kami itu harapannya ingin cepat dalam pembebasan lahan. Tapi kini Soroja sudah beres,” ujarnya.

    Di tempat yang sama, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan sebelum tuntas 100%, selama ini pembangunan Tol Soroja terkendala pembebasan dua titik tanah wakaf dan 20 bidang lahan warga di wilayah Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus