Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Patimban Tunggu Revisi RTRW Nasional

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20807.jpg

    BANDUNG-Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa memastikan belum ada pengajuan penetapan lokasi (Penlok) Pelabuhan Patimban, Subang dari Pusat ke Pemprov.

    Iwa Karniwa mengatakan proses pengajuan penlok harus mengikuti tahapan dimana Pusat harus menuntaskan terlebih dahulu revisi RTRW Nasional yang sampai saat ini belum tuntas. Sementara Pemprov Jabar sendiri sudah menuntaskan revisi Perda RTRW Jabar yang memasukan Patimban menggantikan Cilamaya, Karawang.

    "Kita baru menyelesaikan itu, kalau RTRW Nasional sudah ada, tinggal proses rekomendasi penlok," katanya di Bandung, Selasa (10/1).

    Menurutnya Pemprov Jabar dipastikan akan sangat mendukung pembangunan Patimban. Karena itu, jika rekomendasi penlok diajukan oleh Pusat maka ia menjanjikan proses penetapannya tidak akan lama dan memakan waktu. "Kalau rekomendasinya sudah ada di kita mah, tidak akan butuh waktu lama," tuturnya.

    Iwa sendiri memastikan pemerintah Jepang akan membiayai Patimban. Dengan kepastian ini maka Pemprov Jabar dan Pemkab Subang berkomitmen untuk mendukung percepatan pembangunan.
    "Kita harus Belajar dari Cilamaya, yang sangat lama prosesnya. Patimban, harus bisa sesuai jadwal," katanya.

    Menurutnya saat ini sejumlah lahan di lokasi sudah akan dibebaskan oleh Pemkab Subang. Salah satunya, jalan akses menuju pelabuhan. Proses pembebasan akan beriringan setelah proses dokumen selesai. Pemprov Jabar, sendiri akan mendorong hal-hal yang sesuai kewenangan provinsi. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus