Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPJS Ketenagakerjaan Bandung Bidik Jasa Konstruksi

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20237.jpg

    BANDUNG-BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci melaksanakan sosialisasi program Jasa Konstruksi. Sosialisasi langsung disampaikan oleh Kabid Pemasaran Bukan Penerima Upah, Ratna Manurung dalam hal ini mewakili Kakacab Bandung Suci, Darmadi.

    Menurut Ratna Manurung, acara tersebut merupakan sosialisasi dan bertujuan sebagai upaya untuk menjaring didaftarkannya setiap proyek jasa konstruksi yang ada di Kota Bandung, terutama proyek yang dikelola oleh Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung, termasuk proyek yang dikelola oleh SKPD lain seperti Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan, dan lain-lain.

    "Bahwasannya setiap pekerja proyek harus didaftarkan ke dalam program Jaminan Kecelakaan dan Jaminan Kematian sehingga untuk setiap pekerja yang terlibat didalam setiap pelaksanaan proyek baik tukang batu, tukang kayu, mandor, petugas keamanan dan lain-lain dapat dicover oleh BPJS Ketenagakerjaan sehingga tercipta keamanan dan ketenangan dalam bekerja dan dengan sendirinya akan meningkatkan produktivitas kerja. Selain risiko kecelakaan kerja dan risiko kematian juga dicover untuk penyakit yang disebabkan lingkungan kerja," katanya.

    Adapun jenis proyek jasa konstruksi yang wajib didaftarkan selain proyek APBN juga meliputi proyek-proyek APBD, proyek dana internasional, proyek swasta, proyek perseorangan, dan lain-lain. Agar hasilnya optimal sebaiknya proyek didaftarkan satu minggu sebelum pelaksanaan proyek dilakukan. Untuk manfaat yang diperoleh dengan pendaftaran ini apabila terjadi kecelakaan akan mendapatkan penggantian biaya transportasi sebesar maksimal satu juta rupiah, biaya perawatan/pengobatan unlimited (tanpa batasan biaya).

    Bagi yang sembuh tanpa cacat akan diberikan santunan cacat dan bagi yang meninggal dunia karena kecelakaan akan diberikan santunan sebesar 48x gaji dan bagi yang meninggal karena sakit akan diberikan santunan kematian sebesar Rp. 24 juta. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus