Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RUPS PDAM Tirta Tarum Karawang Tahun 2015

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18742.jpg

    KARAWANG-Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PDAM Tirta Tarum di Lantai II Gedung Singaperbangsa Komplek Pemkab Karawang, Kamis malam (18/8).

    Tampak hadir dalam rapat tersebut, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Karawang H. Danu Hamidi, Sekda Kabupaten Karawang, Drs. Teddy Rusfendy Sutisna, para Asisten, Pjs.Dirut PDAM Tirta Tarum Yogie Patriana Alsjah, ST., serta para Dewan Pengawas PDAM Tirta Tarum Karawang.

    RUPS pada umumnya mengagendakan evaluasi terhadap keuangan dan kinerja pimpinan perusahaan. Besar kemungkinan, RUPS kali ini akan lebih menitikberatkan pada evaluasi kinerja Direktur Utama PDAM Tirta Tarum serta masukan untuk berinovasi dalam Business Plan selanjutnya.

    Sehubungan dengan laporan pertanggungjawaban Direksi dan Dewan Pengawas yang disampaikan oleh ketua dewan pengawas atas capaian kinerja Tahun Anggaran 2015, Direktur Utama PDAM Tirta Tarum mengatakan, "Hal yang harus mendapat perhatian yakni aspek pelayanan, aspek operasional, aspek keuangan dan piutang usaha. mudah-mudahan PDAM Kabupaten Karawang mengalami peningkatan yang signifikan dalam bidang pelayanan sehingga kepuasan konsumen akan semakin meningkat dan kesejahteraan seluruh pegawai pun meningkat, dalam arti kuantitasnya maupun keberkahannya."

    PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang melaporkan laba/rugi periode 31 Desember 2015 dan 2014, yakni pendapatan usaha periode 31 Desember realisasi pada tahun 2015 sebesar Rp. 81.109.237.775 dan realisasi tahun 2014 sebesar Rp. 71.465.752.458 dengan beban usaha pada Tahun 2015 sebesar Rp. 68.367.750.883 dan Tahun 2014 Rp. 60.494.931.636 serta laba/rugi setelah pajak pada Tahun 2015 sebesar Rp. 9.391.786.892 dan pada Tahun 2014 sebesar Rp. 7.839.118.322.

    Namun demikian, menurut Bupati, Deviden yang menjadi hak Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang sebesar Rp. 5.165.482.791 dan penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Karawang pada PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang sampai dengan tahun yang berakhir 31 Desember 2015 mencapai sebesar Rp. 50.293.849.218.

    "Kinerja PDAM Tirta Tarum dapat dikatakan baik dan sehat. Keberhasilan yang dicapai oleh PDAM Tirta Tarum dapat dilihat dari semakin meningkatnya pendapatan usaha melalui penambahan kapasitas produksi dan distribusi serta peningkatan cakupan pelayanan dengan mengutamakan efektivitas dan efisiensi anggaran" imbuhnya.

    “PDAM harus memiliki komitmen yang kuat dalam mengelola perusahaan dilandasi prinsip penting yakni transparansi, akuntabilitas, integritas, kemandirian, serta partisipasi dan keadilan”, ungkapnya.

    Bupati berharap seluruh jajaran PDAM Kabupaten Karawang, baik dari unsur Dewan Pengawas, Direksi, Manajemen, hingga ke level staff yang paling bawah agar dapat mengelola perusahaan, diantaranya dengan mengelola perusahaan secara profesional dan proporsional dengan mengacu kepada ketentuan yang berlaku, hindari hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan/peraturan-peraturan, meningkatkan iklim yang kondusif di lingkungan perusahaan serta koordinasi dengan berbagai stakeholder dan yang terakhir, perlu dibangun komitmen yang kuat di lingkungan perusahaan yaitu Direksi, Dewan Pengawas dan karyawan untuk kemajuan perusahaan.

    "Tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi dengan adanya niat dan kemauan, komitmen, dan itikad baik dari kita semua untuk mengupayakan hal tersebut adalah modal awal yang sangat berharga,” tegasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus