Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Komisi I DPRD Jabar Tinjau Lahan Sengketa

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16870.JPG
    Kawasan lahan yang disengketakan

    BANDUNG-Sehubungan dengan adanya aspirasi ke Komisi I DPRD Jabar perihal adanya sengketa lahan , pekan lalu tDPRD Jabar lakukan peninjauan
    ke lokasi yang menjadi lahan sengketa tersebut. Komisi I DPRD Jabar meninjau lokasi yang dilaporkan sebagai lahan sengketa yaitu masing-masing di Cikelet dan Cisompet di Kabupaten Garut.

    Hal demikian, diungkapkan Anggota Komisi I DPRD Jabar, Hasbullah Rachmad dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id, Senin (11/4).

    Hasbullah, lebih lanjut memaparkan, lahan yang dilaporkan masyarakat adalah lahan perkebunan sawit yang dikelola PT Sondong. PT Sondong, mengelola lahan tersebut dengan dilandasi payung hukum pemanfaatan HGU dengan masa berlaku sampai tahun 2023. Faktanya, lahan tersebut menjadi sengketa di masyarakat karena lahan yang dikelola PT Sondong  bertambah menjadi 10.000 Ha. Penambahan lahan disinyalir diambil dari lahan masyarakat yang berada di dua Kecamatan tersebut.

    Hasbullah, menjelaskan,  dengan melalui peninjauan langsung, kepada masyarakat yang menyampaikan aspirasi disarankan untuk segera menyampaikan surat tertulis kepada Pemkab Garut dan Pemprov. Jabar agar mengganggarkan biaya untuk pengukuran ulang di lahan-lahan sengketa mengingat biaya ukur jika mengandalkan masyarakat sangat tidak memungkinkan mengingat biaya ukur tanah sangat besar.

    Untuk teknis pengukurannya, ujar Hasbullah Pemprov. Jabar diminta berkoordinasi dengan BPN. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus