Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Akhir Tahun, Gubernur Aher Muhasabah di Pusdai Jabar

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15494.jpg

    BANDUNG-Mengisi akhir tahun 2015 menuju pergantian ke tahun 2016, Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan bersama jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan muhasabah di Pusat Da’wah Islam (Pusdai), Jalan Diponegoro 63, Kota Bandung, Kamis (31/12) malam.

    “Muhasabah akhir tahun ini adalah kegiatan tahunan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Diisi dengan dzikir dan ceramah. Artinya, kan dalam peralihan tahun itu kita berharap kepada Allah untuk lebih baik pada tahun berikutnya,” kata Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, H. Ruddy Gandakusumah di Ruang Malabar Gedung Sate, Jalan Dipemogori, Bandung, Selasa (29/12).

    Dalam muhasabah tersebut, lanjut Ruddy, kita mengukur diri apa yang sudah kita lakukan, apa yang sedang dilakukan dan apa yang akan dilakukan, sejauhmana tingkat keberhasilan kita dan sejauhmana upaya yang akan kita lakukan ke depan.

    “Kita berharap Jawa Barat ke depannya lebih baik lagi,” katanya.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun jabarprov.go.id, Muhasabah berasal dari akar kata hasiba yahsabu hisaban, artinya secara etimologi melakukan perhitungan. Dalam terminology syar’I, muhasabah adalah upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya. Baik bersifat vertical, hubungan dengan Allah, maupun horizontal, hubungan dengan sesama manusia. Ia merupakan salah satu sarana yang dapat mengantarkan manusia mencapai tingkat kesempurnaan sebagai hamba Allah SWT.

    Muhasabah merupakan perintah Allah SWT sebagaimana firman-Nya dalam surat Al-Hasyr ayat 18 yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus