Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aturan Pengupahan Terbaru Untungkan Pekerja

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14601.jpg

    BANDUNG-Aturan baru soal upah pekerja yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, kini dinilai menguntungkan pekerja.

    Hal demikian, diungkapkan Kadis Nakertrans Jabar, Hening Widiatmoko dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id, Rabu (28/10).

    Peraturan Pemerintah soal pengupahan terbaru, ungkap Hening telah ditetapkan oleh Presiden pada 23 Oktober 2015.

    Dengan telah diterbitkannya aturan tersebut,  Menakertrans RI telah menyampaikan arahan kepada daerah. Dengan memperhatikan isi dari PP tersebut, PP soal pengupahan banyak menguntungkan.

    Hal yang menguntungkan diantaranya untuk sekarang diberlakukan skala upah. Skala upah, ditentukan berdasarkan   latar belakang  pendidikan dan lama bekerja dari pekerja.

    Hal lain yang menguntungkan pekerja, melalui PP tersebut THR muncul secara khusus. Jika terlambat perusahaan memberikan THR, maka perusahaan tersebut dikenakan denda.

    Hal berikutnya yang dinilai menguntungkan pekerja, besaran upah baik UMP maupun UMK  dihitung dengan memperhitungkan pertumbuhan ekonomi nasional dan inflasi sehingga prosentase  kenaikan  upah sebesar  11,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Kenaikan upah sebesar 11,5 persen dibandingkan tahun lalu, merata di seluruh daerah di Indonesia. Dengan peraturan tersebur, menimbulkan dampak positif yaitu mencegah kesenjangan dalam menentukan besaran upah  antar daerah.

    Ketiadaan gap dalam pemberian upah, ujar Hening dapat menghindari terjadinya relokasi dari perusahaan ke daerah dengan pemberian upah minim. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus