Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diversifikasi Pangan Tingkatkan Ketahanan Pangan

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14472.jpg

    BANDUNG- Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan mengungkapkan, masalah dan tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk mencapai status ketahanan pangan yang mantap masih cukup berat. 

    Untuk itu, perlu berbagai upaya dalam memantapkan ketahanan pangan mencakup aspek kuantitatif maupun kualitas.

    “Diantara permasalahan tersebut adalah pola konsumsi pangan penduduk yang masih terdominasi beras. Padahal ketergantungan yang berlebihan terhadap satu jenis komoditas pangan sangat rawan,” kata Gubernur di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (19/10).

    Upaya pendayagunaan diversifikasi pangan, menurut Gubernur, telah dilakukan. Namun demikian, belum mencapai hasl yang optimal. Pada sisi konsumsi, diversifikasi pangan memperluas alternative pilihan pangan untuk mendukung terwujudnya pola pangan harapan.

    “Melalui diversifikasi pangan, katahanan pangan akan meningkat, sehingga dapat dipandang sebagai salah satu pilar pemantapan ketahanan pangan,” katanya.

    Menurut Gubernur, pemantapan ketahanan pangan memerlukan kesatuan kerja multisektor dalam satu pemahaman yang sama. Masalah pangan memerlukan penanganan yang tepat dan bersifat holistic. Keterlibatan para pemangku kepentingan merupakan salah satu cara efektif untuk mengelola peluang maupun risiko yang dihadapi, meminimalkan biaya, sekaligus mengoptimalkan pencapaian tujuan.

    “Kerjasama multipihak tersebut sangat diperlukan mengingat kondisi yang dihadapi semakin kompleks dan tidak akan terselesaikan hanya oleh satu sector saja,” katanya.

    Gubernur mengatakan, inti ketahanan pangan adalah pangannya tersedia dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat kita. Dan tentu kalau pangan ini, bisa dihadirkan oleh kekuatan kemandirian kita, hadirlah kemandirian pangan. Pada saat ada ketahanan pangan, pangannya ada, petaninya sejahtera, semua masyarakat bisa menjangkau, dihasilkan oleh diri sendiri, itulah namanya kedaulatan pangan.

    “Itu adalah tujuan yang terus kita cita-citakan bersama, Indonesia sampai kepada ketahanan kemandirian dan kedaulatan pangan sekaligus,” katanya . (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus