Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tahun 2016, Geopark Ciletuh Jadi Geopark Nasional

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14430.jpg
    Nunung Sobari

    BANDUNG-Kepala Dinas Periwisata dan Kebudayaan (Disparpud) Provinsi Jawa Barat, Nunung Sobari mengatakan, pihaknya mentargetkan Destinasi Wisata Geopark Ciletuh menjadi Geopark Nasional pada tahun 2016 dan menjadi Geopark Internasional pada tahun 2017.

    Untuk menjadikan Geopark Ciletuh sebagai Geopark Nasional dan Internasional tersebut, Disparbud Provinsi Jawa Barat gencar melakukan publikasi dan promosi tentang Geopark Ciletuh. Diantaranya melalui kegiatan Ciletuh Geopark Festival (CGF) 2015 yang akan digelar pada pertengahan Nopember 2015 mendatang.

    “CGF ini adalah event yang mendukung untuk terwujudnya Geopark Ciletuh sebagai Geopark Nasional dan Internasional. Geopark ini diharapkan menjadi Geopark Nasional pada Tahun 2016 dan Geopark Internasional pada tahun 2017,” kata Nunung Sobari, pada Rapat Persiapan Penyelenggaraan CGF Tahun 2015 di Gedung Kantor Disparbud Provinsi Jawa Barat, Jalan LLRE Martadinata Nomor 209, Kota Bandung, Kamis (15/10).

    Syarat yang ditetapkan oleh UNESCO untuk menjadi Georpak Internasional, lanjut Nunung, yang pertama adalah memiliki keragaman biologi. Ini sudah terpenuhi. Yang kedua, memiliki keragaman hayati. Ini juga sudah terpenuhi. Yang ketiga, keragaman budaya. “Saya kira, ini juga sudah terpenuhi, karena disana ada kacapi suling, kawih, ada jaipongan, ada juga prosesi-prosesi, upacara-upacara dan kesenian-kesenian kalangenan, yang menghibur diri sendiri,” katanya. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus