Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Plt.Bupati Karawang Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2015

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14237.jpg

    KARAWANG -Plt.Bupati Karawang, dr.Cellica Nurachdiana memimpin langsung pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2015. 

    Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kamis (1/10). Upacara yang berlangsung di Lapang Karang Pawitan tersebut turut dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta sejumlah pejabat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang.

    Plt.Bupati  dalam amanatnya pada upacara tersebut menyampaikan salah  satu fenomena dalam era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil yakni radikalisme. faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain

    hal ini sangat bertentangan dengan pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan. oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat pancasila yang telah menunjukan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia, sekaligus kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai-faham radikalisme dan sejenisnya.

    Lanjutnya,  bahwa Kita  ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul, yakni bangsa yang mampu menunjukan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. dengan demikian, pancasila menjadi sistem nilai yang hidup. untuk itu, kita harus menumbuhkembangkan nilai-nilai pancasila kepada semua generasi, terutama para generasi penerus bangsa indonesia yang kita cintai ini.

    Namun demikian menurut Beliau, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2015 ini mengambil tema “Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila”. Tema peringatan tersebut mengingatkan bahwasannya Pancasila bukan hanya sebatas ideologi, karena sesungguhnya Pancasila merupakan sebuah rumusan yang utuh tentang jatidiri bangsa Indonesia yang memiliki ciri khas yaitu, Religius, Musyawarah, Kebersamaan dan gotong royong dalam mewujudkan cita – cita dan tujuan bangsa.  (@opa)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus