Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Plt. Bupati Cellica Nurachadiana Pimpin Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 70

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13608.jpg

    KARAWANG-Plt.Bupati Karawang, dr.Cellica Nurachadiana  memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-70 Tingkat Kabupaten Karawang. Upacara yang berlangsung di Lapang Karang Pawitan Karawang tersebut diikuti oleh ratusan peserta upacara dari berbagai unsur, seperti para pegawai negeri sipil, anggota TNI, anggota POLRI, serta para mahasiswa, pelajar dan sejumlah komponen masyarakat lainnya.

    Plt.Bupati  dalam sambutannya mengatakan pada momentum HUT Proklamasi Kemerdekaan ini, getar-getar sejarah kembali dikenang, manakala kita merenung dan menyadari, bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini, adalah buah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan cucuran keringat, air mata bahkan darah, yang telah rela berkorban jiwa dan raga demi harga diri bangsa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan indonesia.

    Lebih lanjut Plt.Bupati mengatakan, sebagai bangsa yang berbudi luhur, penghargaan dan penghormatan patutlah kita semaikan kepada para pahlawan bangsa. “Untuk itu, pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ini, marilah kita semua dengan cara yang sekhidmat-khidmatnya, menyatakan penghargaan, penghormatan dan kebanggaan yang setinggi-tingginya disertai ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada para pejuang bangsa dari semua lintas waktu, lintas generasi dan lintas profesi, atas jasa-jasa dan dharma baktinya bagi kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

    Namun demikian, lanjut Plt.Bupati pemaknaan sejarah tidaklah berhenti sampai disitu, karena peringatan hari proklamasi kemerdekaan, sesungguhnya mengisyaratkan sebuah makna luhur bagi kita sebagai pewaris-pewaris kemerdekaan, untuk memahami, merefleksikan bahkan mengimplementasikan pesan-pesan luhur perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, bagi pembangunan Indonesia.

    Plt.Bupati melanjutkan, Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengambil tema yaitu Dengan AYO KERJA. Berkaitan, dengan sub tema “tingkatkan kerjasama, perkuat rasa kebangsaan dan gotong royong untuk merealisasikan gerakan nasional “ayo kerja” 70 tahun indonesia merdeka”, mudah-mudahan momentum peringatan hari ulang tahun  proklamasi kemerdekaan republik indonesia ke 70 tahun 2015 menyadarkan kita semua untuk bersatu dalam satu tekad menjadikan indonesia sebagai negara yang yang dicintai rakyatnya dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia. jangan hanya menonjolkan perbedaan, mari kita pupuk persamaan dan kerja sama karena kita yakin lebih banyak persamaan dalam tekad dan tujuan membangun bangsa  dibandingkan perbedaan.

    Menurut Plt. Bupati, para pendahulu kita telah meletakan pilar-pilar kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat menjadi penopang sumber bagi pembangunan dan kemajuan bangsa melalui pemahaman falsafah, ideologi dan dasar negara kita yaitu : Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, semua ini harus kita hidupkan dan kita aktualisasikan dalam mengelola kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat menuju hari esok yang lebih baik dari hari ini.

    Melalui peringatan hari kemerdekaan ini juga, Plt.Bupati mengajak untuk memaknainya bukan hanya sebagai sebuah perayaan yang penuh dengan atribut seremonial belaka, melainkan dengan merenungkan kembali apa yang yang telah dicapai, apa yang sedang dilakukan, dan apa yang akan diraih kelak. Kemerdekaan yang diperoleh dengan susah payah dan kita rasakan hari ini adalah salah satu nikmat dari Allah SWT yang wajib kita syukuri.

    Oleh karena itu, peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya perlu terus dilakukan, dengan harapan akan membangkitkan nilai-nilai perjuangan, persatuan dan kesatuan serta tetap terus waspada dalam rangka menjaga keutuhan NKRI. Semangat juang dan rela berkorban yang diwariskan para pendiri bangsa patut diteladani sekaligus dijadikan sebagai barometer kehidupan untuk membangun negara yang bermartabat sehingga tercipta Negara Kesatuan Republik Indonesia yang maju, kuat, demokratis, adil, makmur dan sejahtera lahir-batin.

    Secara khusus, Plt.Bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para peserta upacara serta masyarakat karawang lainnya, yang pada saat ini masih konsisten mengikuti dan mau melibatkan diri dalam upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 70, baik di tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan dan dinas/instansi.

    Hal ini tentunya menunjukkan bahwa masyarakat kabupaten karawang masih memandang bahwa kepentingan Nasional lebih besar daripada sekedar kesenangan pribadi.  Untuk itu, mudah-mudahan apa yang dilaksanakan pada hari ini dapat menjadi langkah awal bagi kita semua untuk menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang besar, dan bisa menghargai para pahlawan pendahulu.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus