Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    DPR Minta Kementerian Pertanian Serius Hadapi Kemarau Panjang

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13422.jpg

    JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin dalam release yang diterima jabarprov.go.id, Senin (3/8) pihak Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian (Kementan) serius melakukan langkah antisipasi gangguan produk pangan akibat kemarau panjang.

    Menurut Akmal, dua agenda besar pertahanan pangan mengalami gangguan akibat musim kemarau yang berkepanjangan, yakni agenda tanam dan panen. Dengan gagalnya tanam dan panen, maka akan mengakibatkan terganggunya stok pangan selama dua periode masa tanam.

    "Perhatian terhadap aktivitas produksi berbagai produk pangan ini harus serius, dan ini menjadi tanggung jawab Kementerian Pertanian sebagai representasi pemerintah.

    Peringatan untuk mengantisipasi terhadap kekeringan ini sudah  disampaikan sejak dua bulan lalu ketika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Kementerian Kehutanan (Kemenhut) berkoordinasi terkait antisipasi kebakaran hutan.

    Saat itu, sudah disampaikan ada ancaman besar yang harus dipersiapkan oleh Kementan akibat kemarau panjang yaitu gagal panen dan sulitnya mempersiapkan penanaman berikutnya.

    Meskipun terjadi peluang bagi Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) sebagai penyangga pangan akibat fenomena naiknya hasil tangkap ikan akibat musim kemarau, dengan pesatnya pertumbuhan klorofil dari plangton sehingga ikan mendapat pasokan makanan berlebih, namun akan terjadi bencana kekeringan yang menyulitkan kinerja Kementan dalam memproduksi tanaman pangan maupun hortikultura.

    "Kenyataan yang terjadi saat ini, hampir seluruh sentra produksi padi di Indonesia telah kering dan terjadi Puso atau gagal panen.

    Meskipun ada beberapa tanaman yang mengalami kenaikan produksi seperti blewah dan semangka, tapi mayoritas petani di Indonesia yang mengalami kekeringan adalah petani padi, dan akan berdampak buruk bagi ekonomi petani padi.

    "Jika pemerintah tidak memberikan perhatian, ujar kmal maka jumlah kemiskinan dalam waktu singkat akan kembali melonjak. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus