Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar Lepas Pramuka Jabar ke Jambore ASEAN

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/pramuka32.jpg

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan selaku Ketua Majelis Pembina (Mabida) Kwartir Daerah Jawa Barat melepas kontingen Jambore Pramuka ASEAN asal Jawa Barat, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Rabu (1/12). Kontingen Pramuka Jawa Barat, menurut Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat Dede Yusuf, berjumlah 30 orang yang terdiri dari 28 Pramuka Penggalang dan Pembina Pendamping dari Kwartir Daerah Jawa Barat. Mereka bersama Pramuka dari 10 negara anggota ASEAN akan berkemah bersama di Sarimbun Scout Camp di Singapura mulai tanggal 2 hingga 9 Desember 2010.

     

    Dalam arahannya, Heryawan meminta para peserta Jambore ASEAN asal Jawa Barat untuk menunjukan prestasi terbaik. Karena menurutnya selain membawa nama Jawa Barat, para Pramuka juga membawa nama baik Indonesia. Sehingga saat Jambore hendaknya memberikan hal terbaik yang bisa menjadi kebanggaan Indonesia. Apalagi para peserta yang dikirim adalah pilihan dari anggota Pramuka se Jawa Barat. “Para Pramuka yang ikut Jambore ASEAN harus mampu memberikan terbaik bagi kontingen Indonesia, tunjukan bahwa kalian adalah Pramuka Indonesia yang mandiri, cekatan, cerdas, santun dan berprestasi,” ujarnya.

     

    Sementara dalam laporannya, Ketua Kwarda Jabar yang juga Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf menjelaskan bahwa kontingen Pramuka Jabar merupakan hasil seleksi dari 26 Kabupaten/Kota se Jawa Barat. Dimana syarat pemilihannya berdasarkan prestasi Pramuka dan prestasi belajar serta latar belakang ekonomi. Sehingga berdasarkan penilaian di 14 Kwartir Cabang (Kwarcab) terpilih sebanyak 28 anggota Pramuka Penggalang. “Kontingan Jawa Barat dipercaya sebagai duta budaya pariwisata Kontingen Indonesia. Sehingga mereka dituntut menguasai sejumlah kesenian dan mengetahui budaya Indonesia,” jelasnya.

     

    Untuk itu, lanjut Dede, sebagai duta budaya, maka anggota Pramuka asal Jawa Barat akan menampilkan sejumlah atraksi kesenian dan budaya, diantaranya; seni angklung, celempung, tari topeng Cirebon, jaipongan dan kerinding. Sehingga untuk penampilan yang baik, para Pramuka terus berlatih dan dibekali pengetahuan kesenian Jawa Barat. mereka akan bersaing dengan para Pamuka dari 10 negara ASEAN. Dan khusus kontingen Indonesia direncanakan berjumlah 500 orang. “Diharapkan dalam Jambore ASEAN akan diraih sejumlah penghargaan seperti tahun sebelumnya, dimana kontingan Jawa Barat selalu menorehkan prestasi yang membanggakan,” katanya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus