Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Murak Timbel” Berjamaah, Lesehan di Bonbin Bandung

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13240.jpg

    BANDUNG-Karena lelah, lapar dan haus setelah melihat- lihat aneka satwa, para pengunjung Kebun Binatang Bandung, umumnya berhenti di bawah pohon rindang atau di pelataran yang agak luas. Mereka menggelar tikar, lalu “murak timbel” yang dibawa dari rumahnya masing-masing.

    “Kalau piknik ke Kebun Binatang Bandung tidak membawa timbel, rasanya kurang afdol,” kata Sumarna, pengunjung Kebon Binatang Bandung yang mengaku dari Cililin, Kabupaten Bandung Barat di bawah pohon rindang, tak jauh dari Wahana Permainan Anak Kebon Binatang Bandung, Jalan Tamansari, Kota Bandung kepada jabarprov.go.id, Senin (20/7).

    Sumarna berkunjung mengisi liburan lebarannya ke Kebon Binatang Bandung bersama dengan istri dan ketiga anaknya yang masih duduk di bangku PAUD, SD dan SMP.

    Sumarna mengaku, hampir setiap tahun dirinya dan keluarganya mengisi liburan lebaran dengan berkunjung ke Kebun Binatang Bandung.

    “Waktu saya duduk di Bangku SD juga, dulu sekitar tahun 1980-an, kalau liburan lebaran, sering diajak ayah dan ibu piknik ke Kebun Binatang Bandung. Orang tua kami menyebur kebun binatang dengan kata Derenten,” katanya.

    Selain Sumarna dan keluarganya, masih ada ratusan keluarga lainnya yang sama-sama murak timbel di arena Kebun Binatang Bandung, Senin (20/7) siang itu.

    “Murak timbel, makannya sambil lesehan, rasanya nikmat. Apalagi dengan ratusan keluarga secara bersamaan dalam satu tempat seperti di Kebun Binatang Bandung ini terasa lebih nikmat,” kata Sudrajat yang mengaku warga Kabupaten Kuningan kepada jabarprov.go.id.

    Sudrajat piknik ke Kebun Binatang Bandung bersama dengan istri dan ketiga orang putra putrinya yang masih duduk di SD dan SMP.

    Berdasarkan pantauan jabarprov.go.id, timbel yang dibawa oleh masing-masing pengunjung Kebun Binatang tersebut antara lain terdiri dari nasi dibungkus daun pisang atau dalam rantang, pepes dan goreng ikan mas atau daging ayam, ikan asin peda atau cumi, tahu dan tempe goreng serta sambel komplit dengan sambelnya.

    Para pengunjung tersebut makan dengan duduk lesehan beralaskan tikar. “Tikar ini sengaja saya bawa dari rumah,” kata Sumarna.

    Kalau tikar yang digunakan oleh Keluarga Sudrajat, katanya, dapat nyewa dari penyewaan tikar yang ada di dalam Kebun Binatang Bandung. "Tikar yang kami gunakan ini dapat nyewa Rp 10.000 per tikar saberesna istirahat dan makan,” kata Sudrajat.

    Selain membawa nasi timbel komplit dengan lauk pauk dan lalab sambelnya, para pengunjung juga membawa aneka cemilan kue lebaran seperti nastar, putrid salju, biscuit, opak, rangginang dan wajit serta aneka minuman kemasan. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus