Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Teddy Hidayat: Pemerintah Harus Perhatian Masalah Pasung

    http://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10683.jpg

    BANDUNG (23/1) – Psikiater RSHS dr. Teddy Hidayat mengingatkan Pemerintah Daerah agar memperhatikan maslah pemasungan di Jawa Barat.


    Menurutnya, kasus pemasungan terhadap anggota keluarga yang memiliki penyakit ingatan masih sangat banyak di Jawa Barat. Teddy mencontohkan, di darah Sumedang tercatat 21 kasus pemasungan.

    “Di Kabupaten Sumedang saja ada 21 kasus pemasungan, belum di daerah lain seperti Sukabumi, Cianjur dan lain-lain. Ini harus diselesaikan, karena Indonesia sendiri sebenarnya mencanangkan 2015 ini sebagai negara bebas pasung, tetapi nampaknya belum ada action apa-apa” ujar Teddy Hidayat.

    Menurut Teddy kasus pemasungan bukan sepenuhnya salah keluarga, tetapi ada peran Pemerintah di situ yang turut menentukan.

    “Saya kasian kepada keluarganya, karena mereka tidak punya pilihan lain. Dibiarkan dilepas mengganggu kemanan dan keselamatn orang lain di kampungya, sementera pada saat yang sama, mereka juga tidak punya akses layanan kesehatan yang memadai” tuturnya.

    Solusinya adalah, berikan layanan terapi di layanan kesehatan tingkat primer yaitu Puskesmas, sebelum ke Rumah Sakit Jiwa.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus